Sepakat, Sidang Ahok Tak Disiarkan Langsung

0
508 views
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

JAKARTA – Mayoritas seluruh pimpinan redaksi (Pemred) media televisi sepakat, tak menyiarkan secara langsung persidangan Basuki Tjahaja Purnama.

Mereka tak mau menayangkan secara live sidang kasus dugaan penistaan agama tersebut.

Komitmen tersebut disampaikan dalam Forum Rembug Media bertajuk “Etika, Live Report Persidangan Ahok” yang diselenggarakan Dewan Pers (Jumat, 9/12), seperti dilansir JawaPos.com.

Arya Sinulingga, yang menjabat sebagai Direktur pemberitaan grup Media Nusantara Citra (MNC) menyadari adanya kekhawatiran siaran langsung persidangan Ahok berimplikasi pada disintegrasi bangsa.

“Jika persidangan Ahok disiarkan secara live akan berdampak besar. Kita juga punya tanggungjawab untuk menjaga kerukunan dan ketenteraman masyarakat, serta keutuhan bangsa ini,” kata Arya.

“Jadi saya sepakat, kita media TV ini tidak menyiarkan langsung persidangan Ahok,” lanjutnya.

Hal senada juga diutarakan Pemimpin Redaksi SCTV, Mohammad Teguh.

Namun dirinya mengingatkan teknologi komunikasi sekarang sudah berubah.

Di luar media televisi mainstream, masih ada media sosial yang juga bisa menyiarkan persidangan tersebut secara langsung.

“Saya setuju agar TV tidak siaran langsung pada persidangan Ahok. Namun dunia sudah berubah, sekarang orang bebas melakukan live streaming melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Ini juga penting dipikirkan bagaimana mengaturnya?” kata Teguh.

Forum Rembug Media dihadiri sebagaian pimpinan media televisi nasional seperti, MNC, SCTV, Jawapos TV, Transcrop, Rajawali TV, Kompas TV, NET TV, Metro TV. Sementara TV One tidak hadir atau mengirim perwakilan. (ipk/rmol/mam/JPG)