Sepanjang 2016, Cilegon Catat 172 Penderita DBD, 4 Warga Meninggal

0
414 views
Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

CILEGON – Dinas Kesehatan (Dinkes) Cilegon masih terus berupaya menekan angka penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Sepanjang tahun 2016, Kota Cilegon mencatat 172 penderita penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes aegypti itu. Dari total penderita, empat warga meninggal.

“Pada Januari ada 42 warga penderita DBD dan 2 yang meninggal. Di Februari 96 penderita, satu meninggal dan pada Maret sebanyak 34 penderita dengan satu korban meninggal,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Cilegon Retno Windar Warti.

Dijelaskan Retno, untuk menekan angka DBD, Pemkot Cilegon menggelar gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara serentak di 43 Kelurahan, 4 April mendatang. Kegiatan ini termasuk sebagai salah satu kegiatan dari program 100 hari kerja Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi.

“Diperlukan kerja sama yang erat antara pemerintah dan masyarakat dalam hal memberantas sarang nyamuk, dan yang terpenting menerapkan 3M Plus. Yaitu menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas, menguras dan mendaur ulang. Serta memakai kelambu, menaburkan bubuk abate hingga menggunakan lotion anti nyamuk,” katanya. (Riko)