Sepeda Jadi Incaran Maling

Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono menunjukan barang bukti kejahatan berupa pencurian sepeda, di Mapolres Cilegon, Senin (14/9).

CILEGON – Meningkatnya minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda membuat sepeda jadi incaran pencuri. Sindikat pencurian sepeda ini diungkap Satreskrim Polres Cilegon.

Kapolres Cilegon Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sigit Haryono menjelaskan, pengungkapan sindikat pencurian sepeda berawal dari adanya laporan masyarakat di Kelurahan Ciwedus, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon. Pada 9 Agustus lalu, sepeda lipat merk Odessy milik seorang warga raib digondol maling.

“Dari laporan itu, kepolisian melakukan pengejaran hingga ke Bojonegara, Kabupaten Serang,” ujar Sigit di Mapolres Cilegon, Senin (14/9).

Hasil pengejaran itu empat pelaku pencurian diamankan. Masing-masing dengan inisial AY, NI, BK, dan RP. Dari pengembangan itu juga polisi berhasil mengamankan empat sepeda lainnya.

“Selain merk Odessy juga ada merk Pacific, Polygon Monarch, Dignity dan satu sepeda lipat merk Element,” ujarnya.

Keempat pelaku adalah residivis. Sejumlah sepeda curian telah berhasil dijual sindikat tersebut dengan sistem daring dengan harga lebih murah dari harga umum.

“Para pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara dan pasal 480 KUHP ancaman hukuman empat tahun penjara,” kata Sigit.

Salah satu Pemilik Sepeda, Yusuf mengatakan, sepeda yang dicuri diparkir di garasi rumahnya yang berada di Ciwedus pada 5 Agustus 2020 lalu. Pencurian tersebut diduga dinihari, saat bangun sekitar pukul 05.00 WIB tidak ada sepeda. “Biasa diparkir di garasi rumah tidak hilang. Ini malah hilang,” ujarnya. (bam/nda)