Sepeda Motor Bukan untuk Perjalanan Jauh

0
697 views
Ilustrasi (Dok.Radar Semarang/JPG)

MENJELANG Lebaran, masyarakat berbondong-bondong melakukan mudik karena ingin berlebaran dengan sanak keluarga di kampung halamannya. Tahun ini, pemudik yang memanfaatkan kendaraan roda dua diperkirakan naik 18 persen.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa berharap para pemudik mau menggunakan kendaraan umum yang sudah disediakan pemerintah seperti bus, kereta, kapal, pesawat dan lainnya dibanding harus menggunakan roda dua yang punya risiko cukup tinggi.

“Kami beritahukan pakai motor itu bukan untuk jarak jauh, berbahaya untuk keselamatan mereka. Hasil survey mahasiswa S3 UGM transportasi itu sepeda motor itu setiap 2 jam capek. Dan 2 jam setelahnya lebih capek lagi. Rawan untuk keselamatan mereka,” ucap dia di Mabes Polri, Rabu (21/6), dilansir JawaPos.com.

Bila nantinya para pemudik tetap menggunakan kendaraan roda untuk pergi ke kampung halamannya, Royke telah memerintahkan anggotanya itu untuk menindak pengendara roda dua yang melanggar aturan.

“Kalau tetap memaksa, ya sudah kita paling pengetatan di kapasitas penumpang. Tidak boleh bermuatan lebih, tidak boleh bawa barang berlebihan, kalau itu dilakukan kita tindak,” ujarnya. (elf/JPG)