Sepekan Warga Bergerak, RW 05 Katulisan Berbeda

0
700

BAROS – Ada perubahan di RW 05, Kampung Katulisan. Desa Sukamanah, Kecamatan Baros. Kini, telah memiliki gapura. Punya tempat bermain anak, meskipun belum rampung. Dan, lingkungannya tampak rapi.

Perubahan lingkungan ini terjadi setelah selama satu pekan, warganya gotong royong menata kampung. Tampilan RW 05 bakal lebih bersih, berwarna, dan indah. Warganya mengaku, masih punya beberapa agenda kegiatan penataan kampungnya untuk direalisasikan.  

“Mungkin kami paling terakhir menata di Kecamatan Baros, karena kampung lainnya sudah sejak beberapa bulan lalu. Kami baru mulai minggu lalu, karena mendadak diberitahunya. Kami juga awam di lomba ini, jadi masih meraba-raba apa yang harus kami lakukan,” tutur Ketua RT 02 RW 05 Saminudin.

Lelaki yang biasa disapa Samin ini menjelaskan bahwa pihaknya juga dibantu oleh pihak kecamatan terkait persiapan yang harus dilakukan warga untuk bisa bersaing di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Di antaranya, melakukan pemagaran, penghijauan, dan membersihkan lingkungan dari sampah. Pihak kecamatan juga menganjurkan agar warga mulai membangun taman bermain, taman bunga, dan apotek hidup di beberapa lahan kosong di RW 05.

“Ada beberapa taman yang kami buat, itu memanfaatkan lahan kosong yang ada,” jelas Saminudin.

Warga RW 05 Ade Suparman menambahkan jika warga kampungnya antusias mengikuti LKBA. Hal itu dibuktikan dengan perubahan kampungnya, meskipun warga baru melakukan penataan selama satu pekan.

“Kami memang terlambat, tetapi kalau melihat progres sekarang, hasilnya sudah cukup bagus. Pemagaran masih terus dilakukan, para pemuda sudah mulai pengecatan, rumah-rumah warga sudah banyak yang dihiasi tanaman hijau yang mereka beli atau cari sendiri,” jelas Ade yang ditunjuk sebagai penggerak warga RW 05. (rio/don)