Serang Utara Butuh Waduk Buatan

0
482 views

SERANG – Untuk mengatasi masalah kekeringan yang sering melanda wilayah Serang Utara setiap musim kemarau, dibutuhkan waduk buatan. Demikian disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang Dendi Kurnia Ardiansyah kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (14/11).

Dendi mengaku, sering menerima keluhan warga soal kekeringan yang sering melanda wilayah Kabupaten Serang. Menurutnya, harus ada solusi untuk mengantisipasi kekeringan agar tidak ada yang dirugikan, terutama para petani. “Untuk mengantisipasi kekeringan di wilayah Serang Utara butuh waduk buatan,” ujar Wakil Rakyat asal daerah pemilihan (dapil) I tersebut.

Menurut warga Kecamatan Pontang itu, waduk buatan bisa menjadi solusi jangka panjang Pemerintah Kabupaten Serang mengatasi kekeringan di wilayahnya. Waduk buatan juga dinilai solusi efektif karena dapat menyediakan kebutuhan air warga. “Kalau hanya mengandalkan irigasi Bendung Pamarayan, pasti kekeringan lagi,” tukas anggota Komisi I tersebut.

Apalagi, lanjutnya, kualitas serapan air tanah di wilayah Serang Utara kurang baik karena rasanya asin dan tidak layak dikonsumsi. Untuk pengiriman bantuan air melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinilai Dendi, merupakan solusi jangka pendek. “Pasti warga tetap akan kekurangan dan terus meminta bantuan air,” terangnya.

Dijelaskan Dendi, kekeringan di wilayahnya menjadi masalah klasik. Bahkan, akibat kekeringan tak jarang ada warga tidak mandi hingga satu minggu. Bagi warga yang kurang mampu hanya bisa mengharapkan bantuan pengiriman air dari pemerintah. “Sementara satu kali pembelian air bersih bisa memakan biaya Rp400 ribu,” katanya.

Lantaran itu, Dendi mendesak, Pemkab Serang segera membuat waduk buatan agar masalah kekeringan teratasi.

Senada disampaikan Staf Desa Samparwadi, Kecamatan Tirtayasa, Supti mengatakan, kekeringan yang terjadi tahun ini merupakan terparah. Banyak masyarakat yang mengeluhkan masalah tersebut ke instansinya. Ia berharap, Pemkab Serang mampu memberikan solusi terbaik agar kekeringan akibat kemarau dapat diantisipasi. (mg06/zai/ira)