Suasana rapat evaluasi OPD di aula Tb Suwandi, Senin (22/7).

SERANG – Serapan anggaran lima organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Serang tahun anggaran 2019 masih rendah. Meski demikian, Pemkab Serang optimistis seluruh anggaran akan terserap hingga akhir tahun.

Lima OPD yang serapan anggaran rendah yakni Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) 7,72 persen, RSUD dr Drajat Prawiranegara Serang (RSDP) 8,03 persen, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) 21,96 persen, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) 22,73 persen, dan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) 25,78 persen.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, pihaknya mengevaluasi sejumlah OPD yang serapan anggarannya rendah. Berdasarkan penjelasan dari para kepala OPD, anggaran yang belum terserap karena ada beberapa program yang masih dalam tahap lelang.

“Hasil evaluasi ada beberapa OPD yang serapannya masih rendah. Kita dengar alasan dari kepala OPD, memang masih dalam tahap lelang,” katanya.

Tatu memastikan seluruh anggaran di OPD akan terserap dengan baik. Jika mengukur proses lelang dengan waktu pekerjaan, masih terbilang aman hingga akhir tahun anggaran. (ABDUL ROZAK)