Serentak, Tiga RT di RW 02 Cikasap Berbenah

0
221 views

CIKEUSAL – Warga di tiga RT di RW 02, Kampung Cikasap, Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, bersama-sama menata kampungnya. Mereka saling menunjukkan kekompakan dan kreativitas masing-masing untuk memberikan yang terbaik bagi kampungnya.

Saat Radar Banten mengunjungi RW ini, Senin (12/10) siang, warga di RT 03, RT 04, dan RT 011 sedang gotong royong. Ada yang membuat pagar, ada yang menyapu halaman, ada pula yang mengangkut bambu dari kebun untuk bahan pagar.

Kepala Desa Sukarame Nana Suryana mengatakan, warga mulai penataan sejak dua pekan lalu. Pergerakan warga diakomodir oleh pemuda. ”Semuanya serentak bergerak,” tegasnya.

Agar warga makin semangat, Nana menjanjikan hadiah uang senilai Rp5 juta bagi RW yang juara Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Sayembara ini berlaku untuk semua RW di Desa Sukarame. Dan itu dinilai sangat efektif untuk memotivasi warga.

”Nanti uangnya dibuat penataan lagi, supaya kampungnya bagus,” jelas Nana.

Ketua RT 04 RW 02 Atang Turmuji mengaku antusias menyambut LKBA. Soalnya, tahun ini merupakan kiprah perdana bagi warganya untuk menata kampung menjadi indah.

”Kita bakal bikin pemagaran dan penanaman bunga di sepanjang jalan,” ujarnya.

Pemuda RW 02 Bairohim menambahkan, pemagaran dipasang di pinggir jalan sepanjang 550 meter dari bagian depan hingga belakang kampung di RW 02. Bahan pagar dari bambu. Warga mengambilnya dari kebun bambu yang diangkut menggunakan sepeda motor. ”Kita bikin kampung jadi rapi dan indah,” katanya.

Sementara itu, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Sukarame Brigpol Agus Suzatnika mengakui jika pos ronda di tiga RT di RW 02 masih bisa memenuhi kriteria  penilaian aman di LKBA. Peralatan keamanannya belum lengkap.

”Tapi saya sudah koordinasi dengan Pak Kades (menyebut Nana Suryana-red) dan ketua RT untuk segera dilengkapi (peralatan keamanannya-red),” kata Agus. (mg06/don)