Seribuan Perempuan di Banten Sudah Ikuti Tes Deteksi Kanker Serviks

SERANG – Hari ini, Senin (8/8), Dewi Indriati Rano mewakili Gubernur Banten Rano Karno menghadiri acara Pencanangan Program Promotif dan Preventiv Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Serviks) Provinsi Banten atau Tes IVA di Puskesmas Kramatwatu, yang didampingi oleh Kepala BPJS Regional XIII Benyamin Saut P S serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten M Yanuar.

Tes IVA ini merupakan tes yang dicanangkan oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, yang mana tes IVA harus dilakukan oleh seluruh perempuan yang memasuki usia 30 hingga 40 tahun di seluruh Indonesia. Karena Iriana sendiri menginginkan di tahun 2020 nanti semua perempuan di seluruh Indonesia terbebas dari kanker serviks. Maka dari itu seluruh provinsi hingga kabupaten dan kota harus menggelar tes IVA secara berkala.

“Alhamdulillah sampai saat ini di Banten sudah dilakukan tes IVA (kepada) sebanyak 1.000 (perempuan) lebih, semua hampir merata dilakukan tes IVA. Hari ini di Puskesmas Kramatwatu saja hampir 100 orang. Sebelumnya kan di RS Budi Asih dan di Pandeglang,” katanya.

Ia berharap, dengan dilakukannya tes IVA ini, perempuan di seluruh Indonesia dapat terbebas dari kanker serviks. “Alhamdulillah di Banten untuk tahun ini penderita kanker serviks menurun dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Regional XIII Benyamin Saut P S menyatakan, peningkatan jumlah penderita kanker serviks di Indonesia dari tahun ke tahun memang bertambah, namun diharapkan dengan adanya edukasi dan sosialisi ini dapat meminimalisir penderita kanker serviks khususnya di Banten.

“Untuk jumlah yang telah melakukan tes IVA dan pap smear di Provinsi Banten sampai kemarin itu berjumlah yang 1.516 wanita, kita harapkan bertambah lagi untuk hari ini,” ungkapnya.

Jika ditemukan perempuan yang menderita kanker rahim akan dilakukan terapi sehingga tidak akan sampai ke stadium lanjut. Untuk pemeriksaan tes IVA akan dilakukan sepanjang tahun dan hari ini merupakan puncaknya di Provinsi Banten, karena sebelumnya di Provinsi Banten juga telah dilakukan di RS Budi Asih dan Keduhejo Pandeglang.

“Nanti hasil dari tes IVA tersebut, datanya yang positif atau negatif akan kita umumkan seminggu ke depan,” ujarnya. (Wirda)