SERANG – 15 siswa Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) melakukan penelitian keamanan di Provinsi Banten yang dimulai hari ini sampai sepuluh hari ke depan.

“Mereka datang untuk melakukan penelitian tentang keamanan wilayah di Provinsi Banten,” ungkap Letkol Inf Nur Wahyu Widodo, Dandim 0602 Serang kepada wartawan saat ditemui di Makodim 0602 seusai melakukan penerimaan siswa Seskoad, Jumat (9/5/2014).

Nur Wahyu menuturkan, keberadaan para siswa Seskoad di Banten selain menjadi tugas kuliah, menjadi bahan masukan buat Kodim pada saat selesai melakukan penelitian yang berupa rekomendasi. “Hasilnya membuat perencanaan ke depan sehingga ke depan mereka mampu memberikan masukan yang sifatnya membantu bagi kami,” tuturnya.

Selanjutnya ia menuturkan, siswa Seskoad akan diberikan tugas untuk menginventarisir sejauh mana keberadaan TNI di tengah-tengah masyarakat, karena sampai saat ini keberadaan TNI masih disamakan oleh sebagaian besar masyarakat terutama di daerah pinggiran. “Padahal kan sekarang sudah TNI, namun bagi masyarakat masih saja ABRI,” tuturnya.

Ia berharap, purna kegiatan ini dapat memberi masukan berupa kajian pembinaan satuan maupun kajian kepemimpinan bagi Kodim 0602, sehingga menjadi referensi dalam penyempurnaan program pembinaan satuan maupun pemantapan kepemimpinan di lingkungan Kodim 0602. (FAUZAN)