Sesuai Kreativas Warga, Tiga Kampung Berbeda

0
257 views

BAROS – Penataan lingkungan telah dilakukan di tiga RT di RW 04, Desa Sidamukti, Kecamatan Baros. Ide dan kreativitas warganya membuat wajah ketiga RT di tiga kampung itu berbeda. Satu bulan terakhir, upaya itu telah dilakukan warga.

“Untuk sekarang, yang sudah melakukan penataan di RW 04. Di sana, ada tiga RT yang sudah menata. RT 05 di Kampung Batulingga, RT 07 di Kampung Parumasan, dan RT 09 di Kampung Parumasan Kebon.  Sekarang sudah terlihat hasilnya. Penghijauan dan pemagaran sudah selesai. Sekarang, warga mulai pengecatan,” jelas Juhri, Kepala Desa Sidamukti.

Menurutnya, keunggulan dari RW 04 adalah semangat dan kekompakan warganya untuk bergotong royong. Semua elemen warga di RW ini ikut menata kampungnya.

“Ada yang buat taman bermain dan perpustakaan mini, ibu-ibu menghias tanaman di pinggir jalan, pemuda-pemudi juga membantu dengan mengecat. Jadi, semua turun,” ungkap Juhri.

“Di Kampung Batulingga, membuat taman bermain dan perpustakaan mini. Di Parumasan, fokus penghijauannya. Sedangkan di Parumasan Kebonm sudah mulai pembibitan warung hidup. Jalan di tengah sawah yang memisahkan Kampung Batulingga dengan Parumasan juga akan dihias dengan tanaman rambat,” tambah Juhri.

Babinsa Sudamukti Serda Ahmad Mutaqin membenarkan jika kekompakan warga RW 04 menjadi modal besar untuk berkompetisi di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2002. Siang-malam, lanjutnya, warga RW ini bergotong royong menata kampung.

“Sebulan terakhir, penataan tidak berhenti. Yang ramai pasti malam, karena kalau siang, banyak juga warga yang bekerja,” terrangnya.

“Saya bersama bhabinkamtibmas bergantian turun ke warga. Kalau bhabinkamtibmas lagi piket, saya yang ke kampung membantu warga. Begitu juga sebaliknya, jadi penataan warga terus terpantau dan terlihat progresnya,” pungkas Mutaqin. (rio/don)