Setapak Lagi, RT 007 Sempurna

KAMANISAN – Bunga ada di hampir setiap sudut kampung. Di pinggir jalan kampung, di taman, di halaman rumah warga. Merah, kuning, hijau. Indah dan memesona. Ada yang ditanam di dalam pot. Ada yang langsung ditanam di tanah.

Pantauan itu ditangkap oleh Tim 7 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 saat menilai RT 007 RW 02, Lingkungan Kadayon, Kelurahan Kamanisan, Kecamatan Curug, Kamis (14/5). Selama proses penilaian, tim juri didampingi Lurah Kamanisan Ade Suminar dan stafnya.

Tidak hanya bunga. Beragam tanaman empon-empon dan jenis sayur bertaburan di sekeliling rumah warga. Jahe, kunyit, sereh, binahong. Pohon cabai, tomat, juga ada. Semua itu didukung lingkungan yang rapi dan bersih.

Di RT 007, ada tiga titik ruang terbuka hijau (RTH) bertabur bunga dan empon-empon. Di sudut RTH terdapat toilet umum dengan desain modern. Masih ditambah ada taman bacaan dengan koleksi berbagai buku.

Ade Suminar berharap, warga RT 007 tetap menjaga kebersihan dan kerapian lingkungannya. “Tolong ibu-ibu dan bapak-bapak, dijaga kebersihan lingkungannya ya. Nanti, awal Agustus, juri akan menilai lagi,” pinta istri dari Namin, mantan Ketua DPRD Kota Serang, itu.

Menurut Ade Suminar, warga dan pemuda RT ini sangat kompak dan semangat bergotong royong membangun kampung mereka. “Itu ada foto-foto kegiatan pemuda-pemudi,” kata lurah perempuan ini sambil menunjuk dinding taman bacaan.

Penilaian tim juri, RT 007 tinggal memenuhi satu kategori lagi. Yakni, membentuk kelompok penggerak sadar hukum. Kelompok pemuda penggerak lingkungan di RT ini sudah dibentuk dan disahkan melalui surat keputusan Lurah Kemanisan.

Kemarin, Tim 7 Juri LRLA Kota Serang menilai dua RT lainnya dI Kelurahan Kamanisan. Yakni, RT 08 RW 02, Lingkungan Kubang Kidul, dan RT 004 RW 001, Lingkungan Kalitanjung. Lingkungan RT 08 sudah cukup baik dan berbunga. Namun, persiapan RT 004 belum maksimal. (wid/don)