Setelah Dilantik, Tb Iman Ariyadi Pastikan Rombak Jabatan Eselon II

Tb Iman Ariyadi
Tb Iman Ariyadi.

CILEGON – Calon Walikota Cilegon terpilih, Tb Iman Ariyadi memastikan akan melakukan perombakan besar-besaran jajaran pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Cilegon, tak lama setelah dirinya dilantik. Mutasi dan rotasi yang mengacu pada lelang jabatan itu akan dilakukan guna menunjang capaian kinerjanya yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Kita akan pelajari, kalau Undang-Undang ASN itu dijadikan ukuran sebagai lelang jabatan untuk profesionalisme birokrasi, kenapa tidak? Tapi kalau memang tidak diwajibkan atas Undang-Undang, ya kita cari ukuran lain. Nah kalau itu (lelang jabatan) memang ketentuan Undang-Undang ASN, tentu akan kita lakukan,” ujarnya usai menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Cilegon, Selasa (26/1/2016).

Ia menambahkan, pengalamannya selama lima tahun terakhir memimpin Kota Cilegon, dapat pula dijadikan sebagai dasar pertimbangan penilaian kinerja SKPD. “Ukurannya kinerja, kalau tren kinerja dia selama ini menunjukkan positif tentu bisa dipertahankan, karena kebutuhan. Tapi kalau tidak, itu bisa diganti dalam rangka untuk penyegaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Cilegon Mahmudin mengatakan, persoalan lelang jabatan eselon II itu hanya berlaku bagi pegawai yang akan berpromosi dari eselon III. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 34 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Tinggi Pratama.

“Nah, kalau sekedar untuk mutasi dan rotasi sesama eselon II, itu disarankan agar ada assesment dan pansel (panitia seleksi) dari internal pemerintah daerah,” katanya. (Devi Krisna)