Setiap Kamis Wajib Berbahasa Jawa Cilegon

CILEGON – Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Cilegon menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi peraturan wali kota (Perwal) Cilegon Nomor 57 tahun 2017 tentang penggunaan, pengembangan dan pemeliharaan bahasa jawa Cilegon (bebasan), Kamis (8/3).

Rapat yang berlangsung di ruang rapat walikota Cilegon ini turut dihadiri oleh Plt Walikota Cilegon Edi Ariadi, pemerhati bahasa Jawa Cilegon Hatib, dan juga sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di kota Cilegon.

Asda I Kota Cilegon Taufiqurrahman mengatakan rapat tersebut untuk menindak lanjuti peraturan Walikota Cilegon tentang bahasa jawa Cilegon untuk diterapkan di lingkungan ASN Kota Cilegon yang mulai berlaku pada 7 Maret lalu.

“Sebagai bentuk partisipasi dan mendorong pelestarian bahasa jawa Cilegon sebagai identitas masyarakat Cilegon maka kita perlu menetapkan peraturan Walikota tentang pemeliharaan yang diterapkan kepada ASN di lingkungan Kota Cilegon,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Parbud Kota Cilegon Heri Mardiana mengatakan di dalam Perwal nomor57 pasal 13 mengatur setiap hari Kamis dalam kegiatan pendidikan, kemasyarakatan, pemerintahan, maupun kegiatan yang lainya, wajib menggunakan bahasa Jawa Cilegon.

“Maka Perwal ini akan di sosialiaasikan ke semua elemen masyarakat, instansi pemerintahan, BUMN, BUMD, kecamatan, kelurahan, sampai dengan ke tingkat RT dan RW sekota Cilegon. Agar masyarakat tahu kalau Cilegon mempunyai Perwal 57 tentang Bahasa Jawa Cilegon dan menjadi muatan lokal di sekolah dasar,” jelasnya.

Plt Wali Kota Cilegon, Edi Ariyadibjuga sangat antusias turut serta untuk mendukung terlestarikannya bahasa jawa Cilegon sebagai bahasa kedua di Kota Cilegon, maka setiap hari kamis di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) perlu dibiasakan menggunakan Bebasan.

“Saya bangga dan antusias serta turut mendukung bahasa jawa Cilegon untuk dilestarikan sebagai bahasa kedua di Kota Cilegon agar mewujudkan menguatkan karakter masyarakat Cilegon,” ungkapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)