Setwan NTB Kunjungi DPRD Banten

SERANG – Menjadi tuan rumah pertemuan Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI), Sekretariat DPRD (Setwan) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai melakukan sejumlah persiapan, salah satunya yaitu berkonsultasi dengan Setwan Provinsi Banten selaku Ketua Forkom Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia, Kamis (7/9).

Mereka diterima Sekwan Banten EA Deni Hermawan. Sementara mewakili Setwan NTB hadir dalam kunjungan kerja tersebut Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Ahmad Suyuthi, Kabag Umum dan Humas Lalu Amjat, dan Bagian Keuangan Etris Devita Sari.

Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Setwan Provinsi NTB Ahmad Suyuthi menjelaskan, kunjungan ini merupakan kunjungan pertama dari proses persiapan agenda pertemuan ADPSI serta Forkom yang akan digelar di Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, NTB Desember mendatang.

“Kami selaku tuan rumah, berkoordinasi dengan DPRD Banten karena sebagai ketua ADPSI. Kami ingin memastikan hal-hal apa saja yang harus kami persiapkan di acara nanti, jadi ini hanya koordinasi saja,” ujar Suyuti saat kepada sejumlah awak media.

Dijelaskan Suyuthi, setelah pertemuan ini akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk membahas agenda tersebut. Sebagai tuan rumah, setiap progres persiapan agenda nasional tersebut akan terus dikoordinasikan dengan Setwan Banten.

Terkait agenda pertemuan ADPSI nanti, menurut Suyuti, pertemuan tersebut merupakan rapat koordinasi terkait pelaksanaan tugas DPRD provinsi di seluruh Indonesia. Sekaligus pertemuan forkom sekretaris DPRD seluruh Indonesia.

“Hanya rapat koordinasi, kan biasanya ada agenda kunjungan atau hal lain,” ujarnya.

Disinggung terkait PP 18, menurutnya, pertemuan nanti tidak akan membahas hal tersebut. Itu karena ADPSI menilai tidak ada persoalan di dalam PP tersebut. “Kalo PP 18 sudah clear, kita kan hanya menjalankan amanat yang tertuang dalam peraturan itu. Mekanismenya sudah jelas, sudah ada rumusnya,” kata Suyuti.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kabag Umum Setwan Provinsi Banten Furkon menjelaskan, pertemuan ini merupakan koordinasi awal kegiatan nasional tersebut sebelum berjalan ke tahap yang lebih lanjut.

“Setwan NTB menyambut baik agenda¬† ini,” ujarnya.

Agenda ini sendiri merupakan agenda tahunan ADPSI. Sebelumnya, agenda serupa digelar di Bandung, Jawa Barat. “Ini persiapan dari jauh-jauh hari. Saya rasa ini wujud dari keseriusan pelaksana,” papar Furkon.

Agenda tersebut nanti akan dihadiri oleh masing-masing Ketua DPRD Provinsi serta Setwan. Dalam pertemuan tersebut akan dibahas program-program yang berkaitan dengan penguatan tugas dan fungsi DPRD. “Dari Banten ya paling Ketua DPRD saja yang berangkat, kan selaku ketua ADPSI,” ucapnya. (ADVERTORIAL/DPRD PROVINSI BANTEN)