CAPAIAN manis kembali ditulis musisi Indonesia di kancah internasional. Kali ini, nama besar grup asal Yogyakarta, Shaggydog yang melakukannya. Band yang mengusung aliran ska itu diundang untuk tampil di South by Southwest (SXSW) 2016.

Festival musik akbar itu digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat pada 11 hingga 20 Maret mendatang. Kepastian tampilnya grup yang diisi, Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo itu diumumkan melalui situs resmi SXSW 2016.

Dalam situsnya, SXSW memuji Shaggydog sebagai band yang peduli terhadap isu lingkungan dan hewan. Kepedulian itu tampak dari keterlibatan Shaggydog dalam kampanye Dogs are Not Food dan perlindungan orang utan.

“Terimakasih untuk semua yang mendukung. Tahun ini Shaggydog akan ke Austin, Texas, Amerika Serikat untuk memperkenalkan Indonesia di sana,” tulis Shaggydog di akun Instagram mereka, seperti dilansir JawaPos.com.

SXSW merupakan festival yang tidak hanya diisi dengan penampilan musik. Mereka juga menghelat konferensi musik dan diskusi seputar industri kreatif.Sebelumnya, musisi Indonesia yang pernah tampil di SXSW adalah White Shoes & The Couples Company. Grup pop asal Jakarta itu tampil di SXSW 2008.(JPG)