Sharp Berikan Pemeriksaan Kesehatan dan Servis Produk Gratis

Karyawan Sharp tengah memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

PT Sharp Electronics Indonesia kembali menghadirkan program ‘Bakti Untuk Negeri’. Aksi sosial ini khusus pada penanganan darurat bencana alam di Indonesia.

Titik utama dalam program corporate social responsibility (CSR) ini adalah 1.118 warga yang berada di Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Mereka merupakan bagian dari lingkungan kantor Sales & Marketing Sharp Indonesia di Kelapa Gading.

President Director PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka mengatakan, Sharp turut berduka terhadap bencana banjir yang terjadi di Jabodetabek dan sekitarnya. Ini menjadi kewajiban untuk memberikan bantuan terhadap warga terdampak musibah dan bencana yang terjadi di sekeliling. Melalui program CSR kami, Sharp Indonesia fokus pada pemberian bantuan berupa layanan kesehatan. Kesehatan merupakan penting di samping kebutuhan pangan, mengingat paska banjir sangat rawan menimbulkan beragam penyakit, terlebih lagi masyarakat setempat masih akan terus menghadapi musim hujan hingga Maret mendatang.

“Kami pun menyiapkan bantuan psikosial untuk menghilangkan trauma dan duka anak – anak terdampak banjir, kegiatan ini dilakukan oleh sukarelawan yang merupakan karyawan Sharp lintas departemen,” katanya.

Penyerahan donasi berlangsung pada Rabu (8/1) di tempat pengungsian oleh Shinji Teraoka kepada perwakilan warga Penjaringan. Donasi mencakup layanan kesehatan, bantuan psikosial berupa peralatan menggambar dan mewarnai untuk lebih dari 200 anak, hingga pakaian dan barang layak pakai milik karyawan Sharp Indonesia.

Menurutnya, melengkapi layanan kesehatan yang disediakan, Sharp Indonesia turut mengerahkan karyawan untuk terlibat dalam pelaksanaan trauma healing hingga penyediaan layanan purna jual.

“Dengan konsep sukarela, ratusan anak yang masih berada di tenda pengungsian dihibur langsung oleh karyawan Sharp Indonesia lewat kegiatan mendongeng sampai berbagai permainan interaktif,” katanya.

Sharp Indonesia juga mengerahkan satu unit truk Sharp Mobile Service Station (SMSS) di dekat tempat pengungsian yang dimanfaatkan sebagai penanganan layanan purna jual. Kerusakan produk elektronik yang timbul akibat banjir dapat dikonsultasikan langsung melalui teknisi Sharp Indonesia yang berjaga.

“Beragam kemudahanan dalam layanan purna jual pun tak lupa disiapkan untuk warga terdampak guna meringankan beban mereka,” katanya.

Pada 7 – 17 Januari 2020, Sharp Indonesia memberikan layanan berupa perbaikan produk dan transportasi gratis hingga diskon penggantian spare part mencapai 50 persen spesial untuk wilayah Jabodetabek dan Karawang. Promo tersebut berlaku untuk seluruh produk di kategori apapun dengan ketentuan unit yang rusak akibat banjir.

Meski berlangsung selama satu hari lamanya, program ‘Bakti Untuk Negeri’ di Penjaringan mendapat sambutan baik oleh warga setempat. Usai Penjaringan, Sharp Indonesia memetakan tiga lokasi lainnya yang akan menjadi target lokasi berikutnya. Ketiga wilayah tersebut adalah Lebak (Banten), Rawa Buaya (Jakarta Barat), dan Bogor.

Terlaksananya program ini merupakan wujud kepedulian sekaligus kesigapan Sharp Indonesia dalam membantu masyarakat Indonesia dari berbagai situasi. Selain tanggap musibah dan bencana, upaya penanggulangan akan terus dilakukan Sharp Indonesia lewat program CSR. Ini guna meningkatkan kepedulian masyarakat akan pelestarian lingkungan seperti pendidikan lingkungan usia dini di program Sharp Mobile Learning Station. Ini untuk menggerakkan program penghijauan oleh komunitas anak muda pecinta lingkungan yaitu Sharp Greenerator, peningkatan kesadaran masyarakat, hingga menggalakkan aksi-aksi hijau secara internal yaitu antar karyawan di kantor dan lingkungan sekitarnya. (skn/aas)