Gagal jadi Miss Universe, mahkota miss Colombia Ariadna Gutierrez dicopot. FOTO: AP Photo/jawapos

KESALAHAN fatal dilakukan host penganugerahan gelar Miss Universe Steve Harvey. Di malam penganugerahan gelar perempuan tercantik sejagat itu, Harvey keliru membacakan nama pemenang. Acara puncak yang seharusnya berlangsung megah itu sedikit tercoreng dengan insiden memalukan itu.

Acara tersebut berlangsung Minggu malam waktu Las Vegas (20/12). Kala itu Harvey menyebut Miss Colombia Ariadna Gutierrez sebagai Miss Universe tahun ini. Kesalahan tersebut tidak dia sadari hingga Gutierrez akan menyampaikan pidato kemenangan.

Harvey tiba-tiba kembali ke panggung dan membacakan ralat. “Oke, ada yang harus kusampaikan. The first runner-up is Colombia,” paparnya.

Tentu saja penonton sangat kaget begitu mendengar pengumuman itu. Momen canggung pun terjadi di panggung, terutama bagi Gutierrez.

Pemenang sesuai cue card, adalah Pia Alonzo Wurtzbach dari Filipina. Dia juga hanya terdiam dan terlihat ikut shock di sebelah Miss USA Olivia Jordan yang meraih tempat ketiga. Dua orang itu berdiri sedikit di belakang Gutierrez.

“Miss Universe 2015 adalah Filipina,” lanjut Harvey.

Kamera menyorot cue card yang dipegang host. Di kartu itu, nyata tercetak bahwa Filipina merupakan peraih gelar Miss Universe tahun ini. Masih dengan terbengong-bengong, Wurtzbach lantas berjalan ke depan, berdampingan dengan Gutierrez.

Mahkota serta selempang yang telanjur dipakai Gutierrez pun lantas dicopot Miss Universe 2014 Paulina Vega.

Praktis, Gutierrez hanya menikmati momen kemenangan sekitar empat menit. Yakni, sejak diumumkan sebagai pemenang sampai mahkota disematkan di kepalanya. Vega pun berusaha menenangkan dan menghibur si pemenang batal tersebut dengan menepuk punggungnya. (USAToday/CBC/LATimes/fam/c11/ttg/mas)