Warga menonton sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

SERANG – Gubernur Banten Rano Karno angkat bicara terkait penayangan kembali sinetron Si Doel Anak Sekolahan di salah satu TV swasta nasional. Rano yang berperan sebagai Bang Doel di sinetron tersebut, enggan berkomentar banyak.

“Kita alhamdulilah aja itu diputer lagi, jadi bisa dilihat lagi kan kita,” ujar Rano setelah menjenguk seorang penderita gizi buruk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Drajat Prawiranegara, Serang, Rabu (2/3/2016).

Rano pun mengaku tidak mengetahui motif dari kembalinya diputar sinetron yang menonjolkan budaya Betawi tersebut. Sambil berjalan meningalkan RSUD, Rano minim komentar. “Tanyain aja itu sama RCTI, gak tahu kita,” ujar Rano.

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan memang tenar di era 1990-an. Setelah periode itu, sinteron yang dibintangi Rano Karno ini beberapa kali ditayangkan ulang oleh RCTI. Termasuk penayangan tahun ini, yang mendekati momen Pilgub Banten 2017, dianggap sebagai upaya pencitraan Rano, yang dikabarkan bakal mencalonkan kembali. Menjelang Pilkada 2011 lalu, sinetron ini juga diputar. Saat itu, Rano sebagai calon gubernur yang berpasangan dengan calon gubernur Ratu Atut Chosiyah. (Bayu)