Siang-Malam, Lingkungan Pelangi Direalisasikan

0
683 views

CIPOCOK JAYA – Kini, lingkungan RT 03 RW 02, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya, lebih berwarna. Menghadapi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, penataan lingkungan yang dimotori oleh pemuda RT ini mengusung konsep lingkungan pelangi.

“Penataan dilakukan sejak minggu lalu. Diawali kerja bakti membersihkan lingkungan pada hari Minggu (12/4) hingga sekarang (Minggu, 19/4-red). Pengecatan terus dilakukan siang dan malam,” ungkap Holiq Ali,  Ketua Pemuda RT 03 RW 02.

Holiq menyatakan, peran pemuda dalam penataan lingkungan RT di Lingkungan Sumurputat ini sangat besar. Hari pertama kerja bakti, Minggu (12/4) lalu, para pemuda ikut terjun membantu warga yang lain. Pemuda juga diserahi tugas melakukan mendekorasi jalan dan tembok-tembok di lingkungannya dengan cat. Pasalnya, saat ini, banyak pemuda di RT 03 yang libur kerja dan libur kuliah.

Penataan lingkungan RT 03, jelas Holiq, dilakukan untuk jangka panjang. Artinya, tidak hanya untuk menghadapi LRLA. Kegiatan warga menata lingkungannya agar resik dan aman bakal terus berkelanjutan.

“Enggak cuma untuk lomba. Selanjutnya akan terus dilakukan penataan,” tegasnya.

Salah satu koordinator penataan lingkungan RT 03, Ridwan, tidak memungkiri jika kegiatan warga mempersiapkan LRLA telah membuat pemuda di RT ini jadi lebih aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Siang dan malam hari, para pemuda melaksanakan tugas dari warga dan pengurus RT untuk merealisasikan konsep lingkungan pelangi.

“Kita fokus menjadikan lingkungan ini lingkungan pelangi. Mumpung mereka (pemuda RT 03-red) lagi di rumah aja. Daripada keluyuran, kalau mereka ngecat kan terpantau dan mereka jadi produktif,” jelas Ridwan.

Ditambahkan Ketua RT 03 Nawawi, saat ini, pengerjaan dekorasi lingkungan baru pada tahap pengecatan jalan dan tembok. Setelah kegiatan ini rampung, warga akan membangun gapura dan taman. Serta, merapihkan pos ronda.

“Sudah sekitar 75 persen sih. Kami enggak buru-buru karena penataan yang dilakukan juga untuk jangka panjang,” ujar Nawawi. (rio/don)