Siang-Malam, Warga RT 03 Cinanggung Realisasikan Rencananya

SERANG – Beberapa rencana kegiatan untuk membuat RT 03 RW 03, Lingkungan Cinanggung, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, lebih bersih, indah, dan aman telah ditetapkan. Siang-malam, warga melakukannya secara bertahap.

“Selain pengecatan, juga ada penghijauan. Pembibitan masih terus dilakukan. Kemarin kami fokus di perbaikan jembatan, akses menuju masjid. Nanti, tembok juga akan kami lukis. Kalau paving block, beberapa gang sudah (dicat-red),” kata Ketua RT 03 Haripan pada Senin (13/7).

Ia menjelaskan, penataan lingkungan RT 03 tidak jauh berbeda dengan RT 02, Lingkungan Cinanggung, yang juga ikut Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Kedua RT berhadapan, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan.

Penghijauan di RT 03 menggunakan tanaman jenis sayur dan apotek hidup. Di beberapa titik lingkungan ini, akan menggunakan tanaman merambat.

“Sekarang masih fokus penataan lingkungan seperti pengecatan di beberapa titik, sambil menunggu bibit tanaman siap dikirim. Beberapa lokasi yang diperkirakan bisa diisi penghijauan, kami persiapkan dulu tempatnya. Jadi ketika tanaman datang, bisa langsung ditata,” jelas Haripan.

Menurut Ketua RW 03 Fahromi, penataan lingkungan di RT 03 dilakukan warga pada siang dan malam hari. Sebab, tidak semua warga bisa ikut berpartisipasi menata lingkungan pada siang hari.

“Warga lingkungan kami kalau bukan pedagang, karyawan swasta. Mereka, kalau siang kebanyakan keluar. Jadi, biasanya penataan malam hari,” ujar Fahromi.

“Untungnya warga dari RT lain di lingkungan Cinanggung juga cukup support. Jadi, penataan bisa terus berlangsung siang-malam walau terkadang warga dari RT saya cuma beberapa orang saja,” tutup Fahromi. (rio/don)