Siang-Malam, Warga Siapkan Kampungnya

0
499

TANARA – Warga terus membenahi kampungnya, RW 01, Kampung Pesisir, Desa Pedaleman, Kecamatan Tanara. Warga berencana melakukannya siang dan malam hari, meskipun cuma menyasar dua RT di RW ini.

“Target kami sebelum penilaian (tahap dua Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2020 dimulai 30 November nanti-red), semua penataan sudah selesai dilakukan. Sekarang penataan di kampung kami baru sekitar 70 persen. Warga masih terus melakukan pengecatan, sampai sekarang belum selesai,” kata Ketua RT 02 RW 01 Efendi.

Efendi menjelaskan bahwa tembok pagar dan dinding rumah warga di RT 02 yang menghadap ke jalan menjadi sasaran pengecatan. Warga, lanjutnya, akan membersihkan selokan setelah kegiatan pengecatan rampung.

“Setelah pengecatan dan membersihkan selokan, baru kami akan melakukan penghijauan dan merapikan pos ronda,” jelasnya.

Persiapan kampung ini menghadapi LKBA, kata Efendi, telah dilakukan warga sejak sebelum penilaian tahap pertama pada awal November lalu. Penataan kampung ini baru dilanjutkan selama dua pekan terakhir.

Sekretaris Desa Pedaleman Syihabudin menjelaskan bahwa penataan lingkungan RW 01 hanya menyasar RT 02 dan RT 06. Padahal, RW ini memiliki 10 RT. Pandemi Covid-19 dijadikan alasan.

“Awalnya, sepuluh RT akan ditata semuanya, tapi kami hanya fokus di RT 02 dan RT 06 saja. Yang terus ada progres, saya lihat di RT 02,” ungkapnya.

Kendati hanya menyiapkan dua RT di RW 02, Syihabudin mengaku akan mendorong warga agar penataan lingkungan dua RT tersebut bisa maksimal. “Masih ada waktu, nanti di RT 06 akan kami dorong warganya agar penataannya lebih maksimal,” tutupnya. (rio/don)