Siap-siap Satpol PP Kota Serang Bakal Kembali Gelar Sidang. Ini Sasarannya

0
1831

SERANG – Satgas Covid-19 Kota Serang akan kembali memberlakukan sanksi Tindak Pidana Ringan (Tipiring) terhadap pelanggar Prokes. Sidang Tipiring akan dilaksanakan secara online mengantisipasi terjadi kerumunan. 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Serang Kusna Ramdani mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang sidang.

“Mungkin minggu depan baru bisa dilaksanakan,” ujarnya, Rabu (14/7).

Selain mencegah kerumunan, pelaksanaan sidang Tipiring secara online juga diambil karena banyak hakim yang terpapar Covid-19 dan sedang melakukan Isoman.

“Biar penegakkan hukum ini terus berjalan,” terangnya.

Kusna menjelaskan, apabila sebelumnya persidangan dilakukan dengan membentuk posko, ke depan rencananya akan menggunakan aula kecamatan atau tempat lainnya yang memadai untuk pelaksanaan sidang online.

“Para hakim sudah menyanggupi, tinggal kami bersurat saja via elektronik,” jelasnya. 

Kata Kusna, penerapan sanksi Tipiring akan menyasar sejumlah pelaku usaha, dan masyarakat yang berkerumun tanpa menerapkan prokes.

“Untuk sanksinya variatif, dari denda Rp50.000-100.000. Bukan dendanya yang kita kejar, tapi bagaimana masyarakat mematuhi aturan,” katanya. 

Lebih lanjut, Kusna mengatakan, pelaksanaan razia pelanggar Prokes akan dilakukan pada titik Kecamatan, terutama di Kecamatan dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi.

“Kita akan melakukan  razia kembali,” terangnya. (Fauzan Dardiri)