LUKISAN tiga orang wanita mengenakan pakaian tradisional India, Sari, menghiasi laman situs pencari Google.com hari ini, Sabtu (30/1). Ya, lukisan tersebut adalah doodle terbaru Google dalam rangka memperingati hari kelahiran seniman wanita asal India, Amrita Sher-Gil.

Sher-Gil lahir di Budapest, Hongaria pada tahun 1913. Jika masih hidup maka hari ini dia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-105. Sayang seniman berjuluk Fridha Kalho-nya India ini sudah wafat pada tahun 1941 dalam keadaan koma.

Sher-Gil yang merupakan blasteran India-Hongaria memiliki pengaruh sangat besar bagi perkembangan seni kontemporer India. Karya-karya post impresionisnya yang mengambil tema penderitaan kaum perempuan juga menginspirasi seniman wanita di seluruh penjuru dunia. Bahkan pemerintah India menyatakan karya Sher-Gil sebagai harta nasional.

“Warna yang hidup, bentuk yang anggun dan sapuan berani menandai kehidupan dan karya yang sangat mengagumkan dari pelukis India, Amrita Sher-Gil. Lukisannya berbicara banyak mengenai gaya hidupnya yang penuh gairah dan hasrat yang tidak pernah padam untuk mengekspresikan diri melalui kanvas,” demikian Google menggambarkan sosok dan karya Sher-Gil.

Untuk doodle hari ini Google memilih karya Sher-Gil berjudul “Three Girls” sebagai inspirasi. Seniman doodle, Jennifer Hom memodifikasi lukisan tersebut dengan menambahkan logo Google sebagai latar belakang. (dil/jpnn)