Siapkan Gapura hingga Taman Bermain Anak

CINANGKA – Saat ini, RW 008, Kampung Kopi, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, berada di posisi teratas penilaian Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA). Untuk mengamankan posisinya hingga penilaian tahap kedua, Desember nanti, penataan kampung akan dilanjutkan. Di antaranya, pembuatan gapura hingga membuat taman bermain anak-anak.

Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat mengakui rencana penataan lanjutan di Kampung Kopi tersebut. Pemerintah desa akan bekerja sama dengan warga Kopi.  “Sebelum waktu penilaian (tahap kedua-red), kita akan melakukan penataan,” ujarnya kepada Radar Banten, Minggu (17/11).

Pembuatan gapura dilakukan karena kampung ini memang belum memilikinya, termasuk taman bermain anak. Ojat menyampaikan, papan informasi di tiap spot hasil kreativitas warga Kopi juga akan dibuat. “Nanti, ada papan informasi. Misalnya, rumah saya ada obat hidup, dikasih plang bertuliskan informasi tanaman dan nomor handphone pemiliknya,” jelas Ojat.

Berkaitan dengan beberapa catatan tim 1 juri LKBA Kabupaten Serang saat melakukan penilaian tahap pertama, awal November lalu, Ojat mengaku akan segera melengkapinya. Sesuai arahan tim juri, adalah bak sampah untuk sampah organik dan non organik.

“Beberapa hari lalu, ada pelatihan warga untuk pembuatan pupuk kompos. Nanti kita akan peragakan,” katanya. “Ke depannya, kita akan ada pengolahan pupuk organik. Ini program jangka panjang,” imbuh Ojat.

Saluran pembuangan air limbah rumah tangga di kampung ini. Lanjut Ojat, akan segera diperbaiki. Ia berharap, penataan kampung tidak hanya ketika LKBA digelar, tapi menjadi program Desa Wisata. (fdr/don)