Sidak Ke Disdukcapil, Sekda Pemkab Lebak: Mesti Terus Ditingkatkan Lagi

0
117

LEBAK – Sekda Pemkab Lebak Dede Jaelani meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk terus meningkatkan pelayanan. Contohnya seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang bersentuhan langsung dengan pembuatan dokumen kependudukan.

“Ya, untuk layanan yang diberikan Disdukcapil, saya kira sudah cukup baik dengan kapasitas ruang yang terbatas. Tapi, memang mesti terus ditingkatkan lagi,” kata Dede Jaelani saat sidak ke kantor Disdukcapil Kabupaten Lebak, Rabu (18/9).

Menurutnya, agar masyarakat nyaman saat mengurus dokumen kependudukan, maka ke depan teknis pelayanan dengan cara jemput bola, meski di hari libur. Upaya itu, untuk mengurangi antrean pada saat pembuatan dokumen kependudukan di hari kerja. “Saya mengapresiasi teknis jemput yang sudah dilakukan Disdukcapil Lebak di hari libur,” katanya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Lebak Ujang Bahrudin menerangkan, yang masih menjadi kendala dalam pemberian pelayanan terhadap masyarakat yaitu soal jaringan internet. “Kalau signal lagi bagus, bisa cepet memproses pengiriman data base ke pusat. Tapi sebaliknya, kalau jaringan lagi ada gangguan, ya harus bersabar menunggu. Setiap harinya kami melayani masyarakat yang melakukan permohonan kependudukan kurang lebih 500 orang,” katanya.

Ujang mengklaim, sejauh ini pelayanan pembuatan dokumen kependudukan kepada masyarakat dilakukan secara optimal.

“Pelayanan jemput bola rutin kita lakukan di 28 kecamatan. Tujuannya, untuk mendekatkan pelayanan kependudukan kepada masyarakat Lebak,” ujarnya.

Selain melakukan pelayanan jemput bola ke lapangan, terang Ujang, pihaknya juga membuka pelayanan setiap hari Sabtu.

“Upaya tersebut kami lakukan untuk memberikan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat yang sibuk kerja di luar daerah,” katanya.

Ujang berharap, ke depan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan berjalan dengan baik dan lancar. “Saya selalu tekankan kepada rekan-rekan di bagian pelayanan untuk selalu senyum ketika melayani masyarakat. Sebagai abdi negara, kita berkewajiban menyenangkan masyarakat yang datang ke Disdukcapil,” katanya. (nce/zis)