Side Ramp Dermaga 1 Pelabuhan Merak Rusak Disenggol Kapal

CILEGON – Side ramp dermaga 1 di Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak rusak berat karena disenggol oleh kapal motor penumpang yang hendak melakukan bongkar muat. Akibatnya side ramp tersebut kini tidak dapat dioperasikan.

Manager Usaha PT Asdp Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Rudi Mahmudi mengatakan kejadian tersebut berlangsung pada Selasa 20 Februari kemarin sekira jam 2 siang Wib. Tidak ada korban luka maupun jiwa pada kejadian tersebut.

“Kronologinya kejadiannya itu kemarin sekitar jam 2 siang. KMP Suki 2 sedang olah gerak keluar. Haluannya itu menyenggol side ramp dermaga 1 sehingga mengakibatkan kerusakan di side ramp itu sendiri,” ujar Rudi saat ditemui di kantornya, Rabu (21/2).

Ia mengaku jika side ramp tersebut tidak dapat dioperasikan lagi untuk sementara waktu sebelum adanya perbaikan. Kata dia, perbaikan kerusakan di side ramp tersebut menjadi tanggungjawab perusahaan pemilik kapal yang telah menyenggolnya.

“Tidak bisa dioperasikan lagi sampai ada perbaikan. Perbaikannya paling cepat satu bulan. Hari jumat besok sudah mulai diperbaiki oleh PT BMNL (Bumi Meratin Nusantara Line) yang punya KMP Suki 2 itu,” terangnya.

Meski side ramp tidak dapat dioperasikan, sambung Rudi, kapal yang berlayar masih dapat sandar dan melakukan proses bongkar muatan di dermaga 1. Kerusakan side ramp tidak membuat dermaga 1 tidak beroperasi. “Sideramp tidak operasi tapi dermaga bisa dioperasikan. Mobil yang keluar satu pintu. Tidak menggangu operasional kapal,” pungkasnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com).