Sikapi Jalan Rusak, Warga Kedaleman Taruh Pot Bunga di Tengah Jalan

CILEGON – Warga lingkungan Karang Tengah, Kelurahan Kedaleman, Kota Cilegon, menaruh pot bunga di tengah jalan lingkungannya sebagai aksi protes terhadap kerusakan jalan.

Seorang warga sekitar, Hadi mengaku kerusakan jalan tersebut sudah sangat menggangu aktivitas masyarakat. Selain jalannya yang berlubang, apabila hujan turun jalanan tersebut juga otomatis menjadi sarang genangan air.

Hadi berharap pemerintah melalui instansi terkait dapat segera memberikan penanganan terhadap jalan di lingkungannya tersebut. Kata dia, jalan itu merupakan akses utama yang menghubungkan warga menuju pusat perkotaan.

“Kerusakan jalan ini karena sering diterjang banjir. Warga khawatir jalan berlubang yang tertutup genangan air ini akan menimbulkan kecelakaan, karena warga tidak melihat ada lubang jadi terjatuh. Pernah ada yang mengalami, tapi untungnya tidak luka parah,” tuturnya.

Terpisah, Lurah Kedaleman, Kecamatan Cibeber, Jahuri mengaku penangangan kerusakan jalan tersebut telah ia usulkan melalui musyawarah rencana pembangungan kelurahan. Ia mengatakan jalan tersebut akan segera diperbaiki di tahun 2018 ini oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon.

“Mungkin di triwulan kedua, jalan tersebut sudah masuk pengerjaan. Jalan tersebut rencananya akan diaspal. Jadi saya minta warga Karang Tengah untuk bersabar,” ucapnya.

Jahuri juga mengakui, jika di jalan tersebut menjadi titik rawan banjir di wilayah kelurahannya. Kata dia, aliran kali tersebut sudah terjadi pendangkalan karena banyaknya tumpukan sampah. “Untuk menangani sampah ini perlu kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Itu tanggung jawab kita bersama. Terutama jangan membuang sampah sembarangan,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)