Sikapi Lonjakan Harga Cabai, TPID Lakukan Upsus

0
438 views

SERANG – Tingginya harga komoditas cabai yang terjadi di akhir tahun hingga awal tahun 2017 di pasaran saat ini menjadi perhatian serius Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Banten.

Ketua TPID Provinsi Banten Mahdani mengatakan, saat ini harga cabai di pasaran sudah menembus angka diatas Rp 100 ribu. Maka dari itu TPID Banten akan menyiapkan langkah-langkah agar tidak terjadi inflasi yang tinggi di awal tahun ini.

“Kalau informasi dari badan ketahanan pangan Provinsi Banten, 74 persen pasokan cabai masih dipasok dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu Magelang, Temanggung, Rembang dan Blitar,” katanya saat diwawancarai via telepon. Kamis (12/1).

Sementara itu, lanjut dia, pihaknya akan melakukan program penanaman cabai yang terfokus pada cabai merah besar dan cabai keriting. “Kita sudah upayakan dengan upaya khusus (upsus). Dengan lahan seluas 347 Ha dengan rincian Kab Serang 75 Ha, Kab Tangerang 42 Ha, Kota Tangsel 10 Ha, Kota Cilegon 20 Ha, Kab Pandeglang 125 Ha dan Kab Lebak 75 Ha. Itu untuk panen bulan Januari-Maret 2017,”jelasnya.

Kendati demikian, ia mengupayakan agar masyarakat dapat mendukung upaya-upaya yang akan dilakukan oleh pihaknya diantaranya menambah pasokan cabai dari Lampung yang diperkirakan akan panen besar di bulan Februari 2017. Melakukan bazar murah pangan saat cara free saya maupun stand di Bulog atau Disperindag. Serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan cabai bubuk/saus/sambal olahan. (Wirda)