Simak Pidato Jokowi, Syafrudin: Siap Tingkatkan SDM dan Efesiensi Anggaran

SERANG – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan menyambut HUT ke-74 Republik Indonesia dalam sidang bersama DPR dan DPD di komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8). Pidato resmi tersebut juga disiarkan live dan disimak seluruh pimpinan daerah masing-masing di Indonesia.

Walikota Serang Syafrudin dan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin berserta pimpinan DPRD Kota Serang turut serta menyimak pidato orang nomor satu di Indonesia di Gedung DPRD Kota Serang, Jumat (16/8).

Presiden dalam pidatonya menyampaikan kinerja kepemimpinan selama lima tahun di periode pertamanya. Mantan Walikota Solo itu juga menyerukan lompatan pembangunan dari daerah. Salah satunya dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan aparatur negara sesuai perkembangan teknologi.

Merespon pidato Jokowi, Syafrudin mengatakan, pemerintah pusat dan daerah punya semangat yang sama untuk meningkatkan kualitas aparatur negara dan peningkatan kinerjanya.

Pihaknya juga telah melakukan efesiensi anggaran sehingga pembangunan dilaksanakan secara tepat guna bagi kebermanfaatan masyarakat. “Efesiensi anggaran juga jadi keinginan kami. Artinya tidak menghambur hambur anggaran cuma-cuma,” kata pria kelahiran Serang, 9 Juni 1963 ini.

Efesiensi tersebut, ucap Syafrudin, dilakukan dengan menekan anggaran perjalanan ke luar daerah. “Kami juga sudah memangkas itu, apa lagi tadi sudah disebutkan Presiden, berarti kan juga didukung dengan program pusat,” ujarnya.

Kata dia, Presiden juga mengatakan akan mendukung ekonomi kreatif. Kota Serang sebagai Ibukota Banten juga telah tumbuh anak- anak muda inovatif yang mengembangkan industri kreatif. “Saya kira di Kota Serang juga sudah harus mempersiapkan itu, karena perkembangan zaman sekarang ini Kota Serang harus siap dan jangan ketinggalan kota lain,” cetus pria yang mengawali karirnya sebagai guru SD Pulau Ampel pada 1982 silam.

Sebagai pesan Presiden Jokowi, ucap Syafrudin, peningakatan SDM juga menjadi bagian yang terus dilakukan Pemkot sejak kepemimpinanya per 5 Desember 2018. Kata dia, SDM menjadi kunci kemajuan pembangunan di semua daerah. “Negara manapun kalau SDM-nya rendah itu tidak bisa dikatakan maju. Saya mendukung dengan peningkatan SDM, bukan saja untuk Kota Serang yang maju, akan tetapi Indonesia maju,” cetusnya.

Senada dikatakan Ketua DPRD Kota Serang Namin, pihaknya mendukung langkah efesiensi anggaran yang dilakukan Pemkot. “Efesiensi dari kegiatan yang kita anggap tidak terlalu penting dan tidak terlalu krusial. Jadi efesiensi yang akan kita lakukan itu untuk memaksimalkan kepentingan masyarakat,” cetusnya.

Kata dia, sebelum ada saran-saran dari Presiden pihaknya sudah melakukan efesiensi dengan mengurangi anggaran kunjungan-kunjungan dan tiketing yang memakan banyak anggaran.

“Karena apa, bukan saja Pak Presiden ini menyampaikan hal geliat pembangunan. Tapi ini menyampaikan sebuah ajakan untuk semua lapisan masyarakat melakukan hal-hal yang bermanfaat dengan melakukan efesiensi sebagai kegiatan yang bermanfaat,” ujar politisi Golkar ini. (Ken Supriyono)