Sindikat Pecah Kaca Mobil Dibekuk

0
1290


SERANG – Sindikat pencurian dengan modus pecah kaca mobil berhasil diungkap Satreskrim Polres Serang Kota. Sebanyak empat pelaku diamankan polisi saat penggerebekan di sebuah kontrakan di daerah Panimbang, Kabupaten Pandeglang pada Jumat (19/2) malam. Keempat pelaku berhasil diamankan polisi setelah belasan kali beraksi di wilayah hukum Polda Banten.

Keempat pelaku tersebut Ibrahim Rozak (28), Usman (30) dan Husen Syah Saputra (42). Ketiganya merupakan warga Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sedangkan satu pelaku lagi, Asnadir (46) warga Kelurahan Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang.

Kasat Reskrim Polres Serang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Moch Nandar menjelaskan pengungkapan kasus tersebut berawal dari kasus pecah kaca pada Selasa (1/12/2020). Kasus pencurian tersebut terjadi di Jalan Ki Ajurum, Cipocokjaya, Kota Serang. Mobil Honda HRV milik Marta Ukit Mukit dipecahkan kacanya oleh Ibrahim.

Barang berharga milik korban berupa laptop di dalam ransel raib digasak pelaku. “Pengungkapan kasus ini berkat adanya kamera CCTV atau kamera pengintai di lokasi. Dari rekaman tersebut kami berhasil mengidentifikasi pelaku, ” ujar Nandar saat ekspos di Mapolres Serang Kota, Senin (22/2).

Sindikat asal Sumsel tersebut menggunakan dua unit sepeda motor untuk mencari target mereka. Masing-masing pelaku mempunyai peran yang berbeda. Husen misalnya, ia bertigas mencari sasaran yang akan ditentukan. Biasanya, ia akan berjalan kaki untuk mencari target. “HS (Husen-red) akan memberi tahu targetnya kepada ketiga rekannya. Biasanya IB (Ibrahim-red) yang mengeksekusi (memecahkan kaca-red), ” kata Nandar.

Dikatakan Nandar, para pelaku biasanya mencari mobil yang sedang terparkir di kantor maupun rumah.(Fahmi Sa’i)