Sindikat Perampok Toko Diringkus Polda Banten

SERANG – Tim Jawara dan Reserse Mobile (Resmob) Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Banten berhasil meringkus enam pembobol spesialis minimarket serta agen rokok di sebuah rumah kontrakan di daerah Cilincing, Jakarta Utara. Tak hanya pelaku pencurian, Tim Subdit Jatanras ini juga mengamankan satu tersangka penadah barang hasil jarahan.

“Tersangka berhasil kita amankan di satu tempat kontrakan di Cilincing. Sedangkan tersangka penadah, kita amankan di rumahnya,” ungkap Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi saat menggelar ekspose, Kamis (3/10).

Edy menjelaskan pengungkapan kasus pencurian dengan sasaran minimarket ini bermula dari tertangkapnya tiga tersangka Tri alias Ateng, Dedi Yanuri, dan Renda Wiguna oleh masyarakat saat membobol toko kelontongan milik warga Medan di Desa Cibuah, Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak, pada Sabtu (28/9) dini hari.

“Saya bersyukur warga tidak bertindak brutal sehingga kasus pencurian ini dapat kami kembangkan. Dalam pengembangan kasus, diketahui jika kelompok spesialis pencurian minimarket dan toko kelontongan memiliki jaringan yang diotaki tersangka Ahmad,” kata Kabid Humas didampingi Kasubdit Jatanras AKBP Asep Sukandarusman, Kasubid Renmin Kompol P Winoto dan Kanit Resmob Iptu Michael Tandayu.

Setelah mendapatkan identitas dan tempat tinggal pelaku Tim Jatanras yang dipimpin Kasubdit III Jatanras, AKBP Asep Sukandarusman, pada Senin (30/9), membawa tersangka Renda untuk menunjukkan tempat persembunyian kelompoknya dan berhasil meringkus tiga tersangka di sebuah rumah kontrakan di daerah Cilincing.

“Saat penyergapan berlangsung, tersangka Renda berusaha melarikan diri namun berhasil ditangkap kembali setelah betis terkena tembakan. Begitupun dengan tersangka Ahmad, satu dari tiga tersangka yang disergap terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan dan tidak mengindahkan tembakan peringatan saat petugas menyergapnya,” ujar Edy Sumardi. (Fahmi Sa’i)