RIO DE JANEIRO – Kolombia menjadi tim kedua yang sukses menggenggam tiket perempat final Piala Dunia 2014. Itu terjadi setelah Kolombia sukses menekuk Uruguay dengan skor 2-0 (1-0) pada babak 16 besar di Stadion Maracana, Minggu (29/6/2014) dini hari WIB.

James Rodriguez tampil sebagai pahlawan setelah memborong dua gol kemenangan pada menit ke-28 dan 50. Sepasang gol itu membuat Rodriguez kini menempati posisi top skor dengan koleksi lima gol.

Rodriguez juga menjawab keraguan banyak pihak tentang kualitas serangan Kolombia karena kehilangan Radamel Falcao. Hasil itu membuat Kolombia bakal menjadi penantang Brasil di babak perempat final.

Sebelumnya, Brasil berhasil melaju ke perempat final setelah menumbangkan Chili lewat babak penalti dengan agregat 4-3. Kolombia memang tampil luar biasa dalam laga itu.

Skuat racikan Jose Pekerman sukses menguasai permainan sebanyak 55 persen. Rodriguez dkk juga mampu melepaskan sembilan tembakan dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang Uruguay.

Di sisi lain, Uruguay yang menguasai laga sebanyak 45 persen hanya bisa melesakkan 13 tembakan. Namun, hanya lima tembakan yang menyasar ke gawang Kolombia. (jpnn)