Sisa Kas Pemprov di Bank Banten Cuma Rp341 Miliar

0
1948


SERANG – Sisa kas Pemprov Banten yang masih tersimpan di Bank Banten Cuma Rp341 miliar. Namun, dana segar itu baru dapat dicairkan Pemprov apabila rekening kas umum daerah (RKUD) dipindahkan ke bank plat merah itu.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengaku dari sekira Rp1,9 triliun dana Pemprov di Bank Banten yang tertahan saat pemindahan RKUD Pemprov Banten dari Bank Banten ke Bank bjb pada pertengahan tahun 2020 lalu, sekira Rp1,5 triliunnya sudah dikonversi. “Sisanya Rp341 miliar itu bukan DBH (dana bagi hasil-red),” ujar Rina, kemarin.
Kata dia, sisa kas itu sudah diyakini keberadaannya oleh Bank Banten. Nantinya, dana segar itu akan menjadi sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) Pemprov Banten. “Masih ada di Bank Banten dan itu menjadi kas kita,” ungkapnya.
Untuk pemindahan RKUD dari bjb ke Bank Banten, Rina mengaku masih dalam proses. Lantaran ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar aman dan dapat berjalan dengan kondisi yang betul-betul baik.
“Komitmen (pengembalian RKUD ke Bank Banten-red) sudah sangat jelas. Namun kita perlu persiapan dari aspek sarana prasarana dan regulasi, sehingga nanti kita pindahkan ada back up administrasi,” terang mantan Kepala BPKAD Kabupaten Lebak ini. BPKAD selaku bendahara umum daerah sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan meminta pendapat hukum dari Kejati serta saran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.
“Kalau sudah terpenuhi dan dinyatakan aman, kita sudah ada back up,, kita tinggal jalankan saja,” ujarnya. Kata dia, Pemprov juga berkomitmen untuk membesarkan Bank Banten. Ditargetkan dalam bulan ini, RKUD Pemprov akan kembali lagi ke Bank Banten.
Terpisah, Direktur Bank Banten Agus Syabaruddin membenarkan ada kas Pemprov yang masih tersimpan di Bank Banten. Dana itu dapat dikeluarkan apabila Pemprov mengeluarkan surat perintah untuk pembayaran.
Ia memang berharap RKUD Pemprov dapat segera dikembalikan ke Bank Banten. Apalagi perjanjian kerjasama sudah dibuat. Bahkan penerimaan pendapatan asli daerah juga sudah disiapkan di Bank Banten.
Agus mengatakan, masyarakat juga tidak perlu khawatir uangnya yang disimpan di Bank Banten. “Likuiditas Bank Banten sudah baik. Sudah banyak yang menabung di Bank Banten. Jadi jangan khawatir menabung di Bank Banten,” ujar Agus. (Rostina)