Siskamling Diaktifkan Lagi

0
750 views

KASEMEN – Warga Lingkungan Kijaud, RT 020 RW 004, Kelurahan Warungjaud, Kecamatan Kasemen, sepakat untuk mengaktifkan kembali kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling). Cukup lama kegiatan ronda malam di RT ini tidak berjalan.

“Kami akan mengaktifkan kembali kegiatan ronda malam. Walau sampai sekarang lingkungan kami aman, tapi ronda malam bisa lebih meningkatkan keamanan lingkungan. Warga juga bisa menjadi lebih nyaman,” kata Ketua RT 020 Bahaudin.

Selama ini, lanjut lelaki yang akrab disapa Udin ini, pos ronda di RT-nya memang tidak pernah sepi. Setiap malam, ada saja pemuda yang nongkrong, meskipun jadwal ronda malam belum pernah dibuat.

“Setiap malam, minimal ada empat sampai enam orang yang berkumpul (di pos ronda-red),” ujar Udin.

Menghadapi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, saat ini, warga RT 020 tengah giat bekerja bakti manata lingkungannya. Mereka bertekad menciptakan lingkungan asri melalui penghijauan dengan mananam tanaman dalam pot.

“Selain pot bunga, warga juga cukup antusias membersihkan lingkungannya. Jadi, bisa dibilang lingkungan kami 70 persen bersih,” kata udin. “Warga juga saya dorong untuk semakin sadar pentingnya kebersihan lingkungan. Jadi, apabila ada yang melihat sampah berserakan, mereka akan secara otomatis membersihkannya,” tambah Udin.

Ketua Pemuda RT 020 Aliudin menambahkan, kendati tidak ada jadwal ronda malam, pemuda di RT ini bisa dibilang yang paling berperan mengamankan lingkungan. “Apalagi di depan pos ada rental PS (Play Station-red), jadi pemuda kumpulnya di sana. Biar bisa sambil menjaga keamanan lingkungan,” ujarnya. (rio/don)