Sistem Elektrik Rusak, KMP Wira Berlian Tabrak KMP Mustika Kencana

0
1.367 views
Terjadi insiden tabrakan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Selasa (23/6). KMP Wira Berlian menabrak KMP Mustika Kencana sekira pukul 05.40 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

CILEGON – Kapal KMP Wira Berlian menabrak kapal KMP Mustika Kencana saat akan bersandar di Dermaga III Pelabuhan Merak, Selasa (23/6) sekira pukul 05.40 WIB. Tidak ada korban dalam peristiwa itu.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu berawal saat KMP Wira Berlian hendak mengangkut penumpang di Dermaga III Pelabuhan Merak. Di saat bersamaan, KMP Mustika Kencana sedang bersandar di Dermaga II Pelabuhan Merak.  Kapal milik PT Wira Jaya Logitama Lines itu mengalami permasalahan pada sistem elektrik sehingga bagian buritan kapal menabrak lambung bagian kiri KMP Mustika Kencana. 

Akibat insiden itu, lambung bagian kiri kapal milik PT Dharma Lautana Utama (DLU) mengalami kerusakan.  KMP Mustika Kencana mengalami kerusakan pada bagian lambung sebelah kiri, jendela kapal, serta sejumlah interior ruang VIP. Sementara KMP Wira Berlian kerusakannya tidak terlalu parah. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, kedua kapal pun tetap melanjutkan operasional setelah tabrakan terjadi.

Kepala PT Wira Jaya Logitama Lines Cabang Merak Abdul Mukti mengatakan, masalah elektrik menjadi penyebab tabrakan.  “Saat mau sandar di Dermaga III waktu kapal mau masuk dermaga mundurnya terlalu jauh sehingga ada kapal Mustika Kencana yang sedang sandar di Dermaga II sehingga terjadilah senggolan,” ujarnya.

Saat dilakukan pemeriksaan, lanjut Mukti, terjadi kebocoran pada bagian seal. Setelah berhasil sandar di Dermaga III, kerusakan itu langsung diperbaiki dan kapal tetap melanjutkan operasi.  Ia melanjutkan, masalah elektrik bukan satu-satu penyebab kecelakaan. Faktor alam, menurutnya, juga ikut andil dalam peristiwa itu. “Arusnya kencang pas kejadian,” tuturnya.

Tak ada korban jiwa karena saat peristiwa itu terjadi, KMP Wira Berlian dalam keadaan kosong dan baru memulai operasional. “Baru mau masuk dari tengah, jadi gak ada yang harus dievakuasi,” paparnya.

Menyikapi peristiwa itu, Mukti mengaku telah berkoordinasi dengan pihak PT DLU. Pihaknya mengaku bersalah dan akan bertanggung jawab memperbaiki kerusakan yang dialami oleh KMP Mustika Kencana. “Nanti kapalnya kalau sudah engker akan dilakukan survei bersama. Sekarang semua kapal masih beroperasi karena secara teknis tidak bermasalah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Keselamatan Berlayar pada KSOP Banten Ganefo menjelaskan, saat ditabrak oleh KMP Wira Berlian, KMP Mustika Kencana sedang melakukan bongkar muat di Dermaga II Pelabuhan Merak.

 Terkait penyebab insiden, sejauh ini, lanjut Ganefo, baru diketahui penyebabnya masalah sistem elektrik di KMP Wira Berlian.

Peristiwa tabrakan itu sempat diabadikan melalui kamera handphone oleh sejumlah orang yang ada di sekitar Pelabuhan Merak. Dari rekaman itu terlihat salah satu penumpang kapal KMP Mustika Kencana terpelanting saat melintasi rampdoor untuk turun dari kapal. (bam/alt)