Sistem Satu Arah di Kota Serang Tunggu Rekomendasi Kemenhub

Petugas mengatur kendaraan di Jalan Ahmad Yani, Sumurpecung, Kota Serang, saat diberlakukan uji coba sistem satu arah, Sabtu (20/4). Foto: Qodrat/Radar Banten

SERANG – Penerapan sistem satu arah (SSA) atau one way di jalur Kota Serang menunggu rekomendasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Surat tersebut sebagai dasar pembentukan aturan penerapan sistem rekayasa lalu lintas.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang akan melakukan uji coba tahap III. Namun, rencana tersebut dibatalkan karena tinggal menunggu rekomendasi dari Kemenhub keluar.

Kepala Bidang Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Disbub Kota Serang Herunaja mengatakan, setelah dua kali percobaan, pihaknya masih menunggu kelengkapan administrasi. “Sempat kita mau uji coba tahap III, tapi kita ralat karena tinggal menunggu rekomendasi,” katanya saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jumat (10/5).

Menurutnya, rekomendasi tersebut terkait kelayakan jalan dan perangkat rambu-rambu lalu lintasnnya. Pihaknya berharap bisa cepat selesai karena surat secara resmi sudah dilayangkan.

“Proses keluarnya rekomendasi itu tidak lama dan akan dijadikan dasar oleh kami untuk pembuatan peraturan walikota (perwal),” ujar Heru tanpa menjelaskan waktu pengiriman surat yang dimaksud.

Kendati demikian, Heru belum bisa memastikan waktu penerapan SSA tersebut. “Kan kita tidak bisa menentukan proses perizinan dari provinsi dan kementerian selesainya kapan. Ditambah lagi setelah itu masih harus ada penyusunan perwal,” katanya.

Terkait sarana pendukung seperti rambu-rambu lalu lintas, ucap Heru, akan melakukan pengadaan. Jika sudah ada, pihaknya akan segera langsung memasangnya.

“Saya tidak bisa memperkirakan, tapi keinginan bisa cepat selesai. Kami akan sampaikan ke semuanya kalau sudah selesai. Intinya, SSA sementara waktu masih melengkapi proses administrasi sarana pendukung dan median jalan dan lainnya,” jelas Heru. (Ken Supriyono)