Siswa SMAN 1 Dikenalkan Proses Lelang

SERANG – Ratusan siswa SMAN 1 Kota Serang bersuka cita. Mereka mendapatkan wawasan baru mengenai pengelolaan kekayaan negara, piutang negara, dan mengenai lelang dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN ) Kantor Wilayah (Kanwil) Banten, Rabu (9/10). Materi yang disampaikan pegawai Kanwil DJKN Banten itu mampu menyedot perhatian siswa.

Kepala Kanwil DJKN Provinsi Banten Nuning Sri Rejeki Wulandari mengatakan, pihaknya sengaja mendatangi sekolah dalam rangka DJKN Goes to School dalam rangkaian HUT ke-13 DJKN. Hal itu untuk memberikan penjelasan secara mendetail mengenai tugas dan fungsi DJKN. “Alhamdulillah sosialisasi DJKN ini disambut antusias oleh siswa,” katanya.

Dalam Goes to School itu para siswa mendapatkan pemaparan mengenai tugas dan fungsi DJKN sebagai unit di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Materi yang disampaikan cukup menyita perhatian siswa karena disampaikan dengan lugas.

DJKN, kata Nuning, mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang. Sementara fungsi DJKN antara lain perumusan kebijakan di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang; pelaksanaan kebijakan di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang; penyusunan norma, standar, prosedur, serta kriteria di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang.     

“Fungsi DJKN juga pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang kekayaan negara, piutang negara, dan lelang dan pelaksanaan administrasi,” tegasnya.

Goes to School itu juga disemarakkan dengan dengan games simulasi lelang yang membuat acara semakin menarik. (alt/ira)