Suasana simulasi UN online di SMKN 1 Kota Serang.

SERANG – Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau lebih dikenal UN online, SMKN 1 Kota Serang menggelar simulasi yang diikuti 704 peserta UN online.

“Kami sedang memberikan simulasi kepada siswa. Untuk mengetahui teknis pengisian soal dan terkait dengan teknis mengatasi permasalahan pada komputer,” ungkap Wakil Kepala SMKN 1 Kota Serang Bidang Humas Asep Tatang kepada wartawan, Kamis (18/2/2016).

Asep menjelaskan, pihaknya menyelenggarakan simulasi ini sejak Senin lalu. Simulasi ini untuk mengatasi masalah, misalnya saat listrik padam dan jaringan internet terputus. “Untuk mengatasi mati listrik dan gangguan internet, kita sudah bekerjasama dengan PLN dan Telkom. Kalau secara teknis, bila dibandingkan dengan sekolah lainnya di Kota Serang, kita paling tidak sudah terlatih. Sebab kita sudah ada pengalaman tahun lalu. Kita sudah melaksanakan UN dengan berbasis komputer,” katanya.

Tahun ini, lanjut Asep, pihaknya menyediakan 8 ruangan laboratorium yang digunakan untuk UN online. Masing-masing lab terdapat 37 unit komputer. Yang dipakai 34 unit komputer, sisinya cadangan. Dari 8 lab, 1 lab dijadikan cadangan.

“Kalau pelaksanaan simulasi, bulan Maret kita akan melakukan simulasi kembali, agar siswa benar-benar siap,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Akmad Zubaedillah mengatakan, pelaksanaan UNBK tahun 2016 di Kota Serang terjadi penambahan sekolah. Selain SMK Negeri 1, UNBK dilakukan di SMK Negeri 3, SMK PGRI 3, dan SMK Informatika. (Fauzan Dardiri)