Siti Aisyah Jalani Sidang Secara Marathon

0
98
Terdakwa pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah (kiri) digiring untuk menjalani persidangan lanjutan di Mahkamah Shah Alam, Malaysia, Senin (2/10). FOTO: AFP PHOTO / MOHD RASFAN

KASUS pembunuhan Kim Jong-nam dengan terdakwa Siti Aisyah (25), wanita asal Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, kembali disidangkan. Pada sidang yang berlangsung di Mahkamah Shah Alam itu, Aisyah bersama terdakwa lainnya Doan Thi Huang mengaku tidak bersalah atas kasus yang dituduhkan kepada mereka.

Penerjemah persidangan Aisyah, Saiful Aiman, mengatakan, pada sidang tersebut, Aisyah mengatakan bahwa dirinya tidak bersalah. Saiful kemudian menyampaikan pernyataan Aisyah tersebut dalam bahasa melayu kepada hakim. ”Siti Aisyah meminta kasus tersebut disidangkan,” tutur Saiful, Senin (2/10).

Saiful menjelaskan, setelah Aisyah meminta kasus tersebut disidangkan, Jaksa Penuntut Umum lalu menghadirkan beberapa saksi ahli ke pengadilan. ”Saksi pertama adalah petugas polisi di lantai 3 bagian pemberangkatan KLIA2. Saksi kedua petugas customer service. Masih ada juga saksi dokter yang merawat korban di bandara,” tutur Saiful.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, sidang Aisyah kali ini akan berlangsung secara marathon pada 2 Oktober hingga 30 November mendatang. Sidang kemarin hingga 12 Oktober beragendakan pembacaan tuntutan. ”Termasuk mendengarkan keterangan dari 10 saksi ahli yang diajukan JPU,” terangnya.

Menurut informasi, JPU menyiapkan 30-40 saksi. Pengacara Aisyah, Gooi Soon Seng, menuturkan, setelah keterangan dari para saksi tersebut terkumpul, pengadilan akan memutuskan apakah kedua terdakwa bersalah atau tidak. Jika dinyatakan tidak bersalah, maka kasus akan ditutup dan kedua terdakwa akan dibebaskan. ”Jika terbukti bersalah, proses hukum akan berjalan. Pengadilan yang nanti akan memutuskan setelah semua saksi dipanggil,” ungkap dia.

Aisyah tertangkap CCTV bandara saat melancarkan aksi prank terhadap Jong-nam. Setelah ditahan selama 14 hari, Aisyah kemudian didakwa dengan pasal 302 section 34 tentang pembunuhan dengan persekongkolan yang hukumannya adalah hukuman gantung. Selama masa persidangan, Aisyah ditahan di Penjara Wanita Kajang, Selangor. (JPG/RBG)