Siti Aisyah, Warga Serang yang Dituduh Bunuh Kim Jong Nam Dibebaskan

0
84
Siti Aisyah dibebaskan setelah menjadi tersangka pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un. Foto: New York Post/JawaPos.com

JAKARTA – Tersangka pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, asal Indonesia, Siti Aisyah dibebaskan.

Pernyataan ini disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Lalu Muhamad Iqbal. “Alhamdulillah di persidangan yang baru saja berlangsung, Jaksa Penuntut Umum telah menyatakan menghentikan tuntutan terhadap Siti Aisyah,” kata Iqbal melalui keterangannya tertulis, Senin (11/3), sebagaimana dilansir JawaPos.com

Hadir dalam persidangan Duta Besar RI Rusdi Kirana, Dirjen AHU Kemenkumham Cahyo Muzard, dan Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Lalu Muhamad Iqbal.

Dalam persidangan pada Senin (11/3) jaksa penuntut umum malaysia mengajukan kepada hakim untuk menghentikan tuntutan kepada Siti Aisyah.

Persidangan tersebut, sebenarnya adalah persidangan untuk warga negara Vietnam Doan Thi Huong, yang pada saat kejadian bersama dengan Siti Aisyah. Namun, dalam kesempatan tersebut Siti Aisyiah hadir dalam persidangan.

“Jaksa penuntut umum Malaysia telah menghentikan tuntutan kepada Siti Aisyah, dan atas dasar itu hakim memutuskan tuntutan terhadap Siti Aisyah dihentikan dan Siti Aisyah dinyatakan bebas,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta pada Senin (11/3).

Saat ini, Siti Aisyah sudah berada di KBRI Kuala Lumpur. Sebab, begitu selesai pembacaan hakim, Siti Aisyah langsung dibawa ke KBRI.

Menurut Arrmanatha, yang mengetahui alasan penghentian kasus Siti Aisyah adalah jaksa penuntut umum. Namun, sejak awal pengacara Siti Aisyah menyampaikan tidak ada bukti yang cukup untuk menuntut.

“Permintaan dari jaksa penuntut umum Malaysia adalah menghentikan tuntutan kepada Siti Aisyah, atas dasar itu hakim memutuskan untuk menghentikan tuntutan dan membebaskan Siti Aisyah,” kata Arrmanatha.

“Saat ini yang kita ketahui bahwa tuntutan sedang dihentikan, sehingga apabila yang bersangkutan sudah dibebaskan seharusnya kasus sudah berhenti,” lanjutnya.

Perlu diketahui, sidang Siti Aisyah seharusnya baru dilaksanakan pada akhir April atau awal Mei. Namun, dikarenakan tidak ada bukti yang kuat, Siti Aisyah diputuskan tidak bersalah. (jpc/aas)