SMAN 1 Gelar Pelatihan Jurnalistik Tumbuhkan Budaya Literasi

Ketua IWO Lebak Asep Alibuni menyerahkan plakat kepada Kepala SMAN 1 Rangkasbitung Iva Havidania, Kamis (15/8)

LEBAK – Dalam rangka menumbuhkan semangat membaca dan menulis, SMAN 1 Rangkasbitung bekerja sama dengan Ikatan Wartawan Online (IWO) Lebak menggelar pelatihan jurnalistik, Kamis (15/8).

Kegiatan pelatihan ini digelar di aula sekolah setempat, dengan target agar dapat memotivasi para siswa dalam mengembangkan karya tulis pelajar.

Kepala SMAN 1 Rangkasbitung Iva Havidania memastikan, kegiatan positif itu dapat meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena, menulis dan membaca kaitannya sangat erat. Penulis yang baik tentunya banyak membaca, yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

“Karena itu saya sangat mengapresiasi kegiatan jurnalistik di sekolah yang digagas IWO Lebak ini. Harapan saya, kegiatan seperti ini menumbuhkan budaya literasi di lingkungan sekolah,” kata Iva, Kamis (15/8).

Dia memastikan, kegiatan pelatihan itu bisa menjadi momen untuk meningkatkan kemampuan menulis secara konseptual dan praktis bagi pelajar di sekolah yang dipimpinnya tersebut.

“Apalagi, euforia bermedsos anak muda sedang tinggi, dengan adanya pelatihan, ke depan, siswa ini tidak hanya memakai medsos untuk sekedar iseng, namun bisa lebih bermanfaat. Bisa juga sebagai modal untuk menulis,” katanya.

Sementara itu, Ketua IWO Lebak Asep Alibuni mengatakan, dengan bekal pengetahuan untuk menulis, budaya literasi diharapkan akan semakin tumbuh di Kabupaten Lebak. “Dengan keterbukaan medsos seperti saat ini, para pelajar juga untuk tidak mudah terpengaruh oleh berita bohong atau hoax. Saya harap para pelajar bisa memilah dan mencerna berita,” katanya.

Asep menerangkan, Pers berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bentuk perjuangan dalam mengisi kemerdekaan dan sebagai bentuk syukur atas perjuangan para pahlawan. “Pelajar memiliki peluang besar untuk memanfaatkan informasi yang positif melalui media sosial seperti sekarang ini,” katanya. (nce/zis)