Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin saat memberikan keterangan kepada wartawan.

SERANG – Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin menginginkan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) seperti yang diperoleh Pemkot Bandung, dari nilai CC menjadi A.

“Pemkot Bandung mengalami kenaikan dalam penilaian SAKIP. Tahun 2014 memperoleh CC, tahun 2015 memperoleh penilaian A. Kita inginnya seperti itu,” ungkap Subadri kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (18/2/2017).

Subadri berharap SAKIP ini menjadi perhatian serius dan menjadi pekerjaan bersama. Kalau pun ada proses pengajuan anggaran pelatihan untuk meningkatkan penilaian LAKIP, pihaknya akan mendukung. “Selama ini memang kami dari legislatif selalu mendukung pengajuan anggaran dari ekeskutif yang bernilai manfaat,” katanya.

Wakil Walikota Serang Sulhi mengatakan, untuk melakukan pembenahan pada penilaian SAKIP ini, pihaknya akan melakukan pelatihan kepada pegawai agar mampu mengisi dan memenuhi lima indikator penilaian SAKIP. “Pelatihan akan diprogramkan tahun 2017, dan anggarannya paling lambat di anggaran perubahan tahun 2016,” kata Sulhi.

Diketahui, Pemkot Serang mengalami penurunan penilaian pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2015, yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Tahun 2014 dapat nilai CC, tahun 2015 nilanya C. (Fauzan Dardiri)