Soal Badan Pengelola Banten Lama, Wagub: Kita Kaji Dulu

0
951 views

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku belum menetapkan apakah pembentukan badan pengelola Banten Lama dilakukan sebelum atau sesudah penataan kawasan wisata religi dan cagar budaya tersebut dilakukan.

Meski menjabat sebagai ketua tim penataan Banten Lama, Andika mengaku akan menkonsultasikan hal tersebut terlebih dahulu dengan Gubernur Banten Wahidin Halim.

“Kita bicarakan dulu dengan pak gubernur, apakah sebelum dan sesudah kita lihat nanti setelah dibahas,” ujar Andika kepada awak media setelah menerima kunjungan DPD RI di pendopo Gubernur Banten KP3B, Senin (31/7).

Andika menjelaskan, sebenarnya bebrapa waktu lalu Pemprov Banten sudah mewacanakan hal tersebut. Namun masih perlu dikaji terkait dampak atas keputusam tersebut.

Menurut Andika, saat ini tim tekhnis Banten Lama sedang fokus terhadap zona inti Banten Lama. Tim tekhnis saat ini sedang mengadakan konsultasi dan rapat secara terus menerus agar tanah di zona inti menjadi milik negara.

“Bagaimana lahan yang menjadi kawasan inti menjadi lahan milik negara tidak menjadi hak milik perorangan. Ini masalah yang sednag kita hadapi. Karena ada warga memiliki sertifikat tanah di zona inti tersebut,” kata Andika.

Andika melanjutkan, jika itu tanah negara sesuai undang-undang tidak bisa diganti. Jika pemerintah memaksakan untuk mengganti rugi tanah tersebut akan menjadi temuan.

“Solusi persoalan ini yang sedang kita cari,” katanya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)