Soal Kebersihan, Kesadaran Warga RT 03 Cikulur Jelawe Terbangun

0
632 views

SERANG – Lingkungan RT 03 RW 04, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, bersih. Namun, itu tidak cukup untuk bisa menjuarai Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Makanya, warga RT di Lingkungan Cikulur Jelawe ini tengah fokus menata sistem keamanan lingkungan (siskamling)-nya.

Awalnya, diakui Ketua RT 03 Yayan Suryana, warganya hanya fokus mengembangkan penataan lingkungan bidang kebersihan. Hal ini tidak sulit dilakukan. Kesadaran warganya akan kebersihan lingkungan sudah terbangun. RT 03 telah beberapa kali mengikuti lomba kebersihan.

“Penataan di Lingkungan Cije (menyebut Cikulur Jelawe-red) awalnya memang difokuskan di kebersihan saja. Tetapi karena lomba kampung resik lan aman meliputi keamanan juga, kami juga harus meningkatkan keamanan di lingkungan kami,“ tegas Yayan pada Senin (29/6).

Pos ronda di RT 03, lanjut Yayan, akan dibenahi. Peralatannya akan dipenuhi. Sehingga, kategori aman sesuai LRLA bisa dipenuhi.

“Yang masih kurang di keamanan. Oleh karena itu, akan ditingkatkan segi keamanannya. Peralatan di pos ronda nanti akan dilengkapi. Kalau untuk kebersihan dan penghijauan, lingkungan kami sudah cukup bagus. Tinggal ditingkatkan lagi supaya lebih indah,” jelas Yayan.

Ketua RW 03 Nano membenarkan jika kebersihan lingkungan RT 03 cukup bagus. Warga RT ini selalu berusaha menjaga kebersihan lingkungannya setiap pagi dan sore hari. Rumah-rumah warganya pun sudah hijau.

“Alhamdulillah, kalau warganya. Anak-anak di RT ini saja sudah mengerti kalau mau membuang sampah. Mereka enggak buang sampah sembarangan. Mereka pasti akan mencari tempat sampah. Itu sudah ditanamkan sejak dini,” ungkap Nano. (rio/don)