Soal Pencopotan Dandim Lebak, Ini Komentar Bupati Iti

0
603 views

SERANG – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya angkat bicara terkait pencopotan Dandim 0603/Lebak Letkol Czi Ubaidillah oleh Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Muhammad Herindra akibat menggelar latihan bela negara bersama Front Pembela Islam (FPI) di salah satu pondok pesantren di Kabupaten Lebak, Kamis (5/1).

Iti menilai hal tersebut menjadi hak dan kewenangan Kodam III/Siliwangi. “Kita mengikuti prosedur pimpinannya saja, nanti siapapun yang akan ditempatkan di Lebak, nanti kita siap,” ujarnya setelah agenda ramah tamah dan Sertijab Danrem 064/Maulana Yusuf di GOR Maulana Yusuf Makorem 064/Maulana Yusuf, Senin (9/1).

Menurut Iti, latihan bela negara tersebut merupakan permintaan langsung dari FPI dan kemudian direspon oleh Kodim Lebak. Menurutnya, pemerintah Lebak mendukung kegiatan apapun yang diselenggarakan oleh masyarakat selama tidak merusak kesatuan NKRI.

Sebelumnya, kepada awak media hari ini setelah serah terima jabatan Danrem 064/Maulana Yusuf di Alun-alun Barat Kota Serang, Pangdam III/Siliwangi Mayor Jenderal Muhammad Herindra mengatakan, hukuman tersebut dihadiahkan pada Ubaidillah karena latihan tersebut dilakukan tanpa melalui prosedur.

Menurut Herindra, latihan bela negara bisa dilakukan oleh setiap warga negara termasuk oleh ormas, tetapi ormas yang pro Pancasila, pro NKRI, pro UUD 45 dan pro kemajemukan. “Saya akan mempertimbangkan ormas-ormas yang tidak pro NKRI,” ujarnya. (Bayu)