Soal Penemuan Daging Babi di Pasar Kranggot, WH: Saya Belum Tahu

0
1.284 views
Gubernur Banten Wahidin Halim

SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku belum mengetahui adanya penemuan daging sapi yang mengandung spesies babi di Pasar Baru Kranggot, Kota Cilegon.

“Wah saya belum tahu, baru dengar itu,” ujar Gubernur Banten Wahidin Halim setelah memimpin rapat koordinasi persiapan arus mudik di Pendopo Gubernur Banten KP3B, Kamis (15/6).

WH mengaku akan segera melakukan tindakan dengan menanyakan perosalan tersebut pada dinas terkait sebelum melakukan tindakan langsung ke lapangan.

Penemuan daging sapi yang mengandung spesies babi itu sendiri terungkap setelah beredar surat pemberitahuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon yang ditujukan kepada Walikota Cilegon, Kapolres Cilegon, Kasatpol PP Cilegon, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Cilegon dan DKPP Provinsi Banten. Dalam surat tersebut disebutkan adanya sampel daging sapi di Pasar Kranggot yang mengandung spesies babi.

Lampiran surat yang tertulis pada tanggal 12 Juni 2017 dengan Nomor 5243/835/PKH tersebut berisi untuk menindaklanjuti surat Balai Pelayanan dan Pengujian Veteriner (BPPV) Provinsi Banten Nomor 52436/1334-BPV/06/2017/ tanggal 5 Juni 2017 perihal hasil pengujian laboratorium atas temuan tersebut.

Di surat itu juga menyebutkan permintaan untuk memberi tindakan dari pihak-pihak yang berwenang dalam rangka penegakkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (Nomor 8 Tahun 2009), Undang-Undang Pangan (Nomor 18 Tahun 2012), serta Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nomor 41 Tahun 2014). (Bayu Mulyana/coffeandchocake@gmail.com)