Soal Rencana Ada Imam Besar Umat Islam, MUI Banten Tak Sepakat

0
759 views

SERANG – Beredar kabar Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab akan diangkat sebagai imam besar umat Islam Indonesia beredar luas di masyarakat.

Menanggapi ada imam besar umat Islam Indonesia, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten AM Romly tidak sependapat. Dalam Islam tidak ada yang namanya umat muslim menjadi imam besar, dan hanya ada imam di masjid saja,

Romly melanjutkan, sekarang sudah banyak berbagai macam Islam yang bermunculan. Maka itu, umat Islam yang mengadakan pelantikan imam besar tersebut masuk dalam kategor Islam bagaimana. “Pokoknya MUI Banten menolak keberadaanya apabila sampai terjadi pelantikan. Kita juga mengumbau kepada umat Isla,, agar tidak ikut-ikutan dalam pelantikan tersebut,” katanya.

Hal tersebut pun menjadi perhatian berbagai pihak, dan tidak hanya MUI Banten yang menyatakan sikap menolak keberadaan Imam Besar, tapi GP Ansor lBanten pun menyatakan sikap yang sama dengan MUI Banten.

Kapolda Banten Brigjen Polisi Listyo Sigit Prabowo mengaku tidak mengetahui adanya pelantikan imam besar imam di Banten. Karena izin yang dikeluarkan adalah pelantikan santri-santri dari berbagai pondok pesantren di Banten, dan di dalamnya terdapat kegiatan istigasah.

“Tidak ada di dalam surat izin pelantikan imam besar, oleh karenanya kita hanya akan memperhatikan terlebih dahulu. Yang penting tidak membuat kerusuhan di Banten,” katanya. (Ade F)