Soal Tenaga Kerja, Krakatau Posco Energy Didemo Pemuda

0
1.219 views
Polisi menjaga keamanan kawasan Krakatau Posco saat ada demo warga.

CILEGON – Puluhan warga dari Samang Raya, Kubang Sari, dan Tegal Ratu, Kota Cilegon mendemo PT. Krakatau Posco Energy, Selasa (10/1). Mereka menuntut rekrutmen tenaga kerja di PT Krakatau Posco Energy, 50 persen berasal dari warga sekitar perusahaan.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Kubang Sari Miftahul Imam menilai PT Krakatau Posco Energy telah melecehkan masyarakat karena tidak pernah memberikan jawaban perihal permintaan audiensi dari Karang Taruna di tiga kelurahan tersebut. “Tiga kali telah kita surati. Tapi Krakatau Posco Energy masih menutup diri dan mengacuhkan maksud dan tujuan kami untuk audiensi,” ujarnya.

Kata, Miftahul, PT Krakatau Posco Energy sudah tidak pantas berdiri di Kota Cilegon karena tidak memberikan manfaat kepada warga sekitar. Dari awal berdiri, perusahaan itu sama sekali tidak memikirkan warga. Ini merupakan bentuk ketidakpatuhan PT Krakatau Posco Energy terhadap PT Krakatau Posco yang sudah mengimbau agar memprioritaskan masyarakat sekitar perusahaan.

Miftahul berharap, aksi unjuk rasa yang telah ketiga ini membuahkan hasil sebelum adanya aksi lanjutan yang lebih besar. “Saat ini bisa dicek paling hanya satu dua orang yang kerja di dalam. Apa perlu kita sweeping, apa sudah 70 persen warga sekitar yang telah kerja di dalam? Ini belum ada,” ucapnya.

Miftahul mengungkapkan, pengangguran di Kelurahan Kubang usia produktif sekitar 300 orang. Belum lagi angka pegangguran di dua kelurahan lainnya. “Maka dari itu kita mau berkomitmen dengan PT KP (Krakatau Posco) agar bisa disatupintukan terkait rekrutmen ini. Akan kita buat grup info loker bagi warga agar yang menganggur bisa masuk kerja semua,” tuturnya.

Sebagai informasi, PT Krakatau Posco Energy merupakan gabungan ( joint venture ) antara PT Krakatau Daya Listrik (Krakatau Steel Group) dengan Posco Energy (Posco Group ) dalam bidang pembangunan industri tenaga listrik. Saat ini sedang membuka lowongan pekerjaan, antara lain untuk staf keuangan dan staf logistik. Salah satu yang tercantum dalam persyaratan adalah berdomisili di kawasan Industri Krakatau, Kota Cilegon.(Riko)