Sopir Bus Jalani Pemeriksaan Kesehatan dan Narkoba di Terminal Pakupatan

SERANG – Sejumlah sopir angkutan umum di Terminal Pakupatan, Kota Serang hari ini menjalani pemeriksaan kesehatan dan narkoba di terminal tersebut. Pemeriksaan dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Kota Serang dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Dinkes Kota Serang Atik Herawati mengungkapkan, sesuai target Kementerian Kesehatan, ditargetkan hari ini 100 sopir yang menjalani pemeriksaan.

“Sampai sekarang sudah sekitar 60 orang, kita lakukan pemeriksaan sampai jam 12 siang,” ujar Atik kepada awak media saat ditemui di lokasi, Rabu (21/6).

Aspek yang dites oleh tim kesehatan pada para sopir di antaranya tekanan darah, berat badan, tinggi badan, nadi. Kemudian pemeriksaan gula darah, bebas alkohol, dan bebas narkoba dengan cara tes urine. “Hasil sementara ada beberapa orang kelelahan, tensinya agak tinggi, sakit tulang punggung. Biasanya memang gejala itu yang dirasakan. Untuk alkohol dan narkoba negatif,” ujar Atik.

Para sopir yang mengalami kelelahan dan gangguan kesehatan langsung ditangani oleh dokter di lokasi pemeriksaan. “Kita terjunkan 10 orang, dua di antaranya dokter. Nah bagi yang kelelahan atau mengalami gangguan kesehatan lain kita tunggu arahan dokter, apa harus istirahat atau seperti apa,” papar Atik.

Pemeriksaan kesehatan seperti ini rencananya akan dilakuan dua kali. Hari ini dan besok di KP3B sebelum pemberangkatan mudik bersama. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)